alexametrics

Menuju Akhir Musim Hujan, Puting Beliung Kembali Menyapu Gresik

16 Maret 2022, 08:08:49 WIB

JawaPos.com- Hujan deras disertai angin kencang kembali menyapu wilayah Gresik Selatan. Padahal, sudah memasuki Maret. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik melaporkan, Senin (14/3) lalu telah terjadi angin puting beliung di Desa Kedungsumber, Kecamatan Benjeng.

Menurut Kepala BPBD Gresik Tarso Sagito, kejadian terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Angin puting beliung menyebabkan beberapa rumah warga di dua dusun di Desa Kedungrukem terdampak. ‘’Kerusakan pada bagian atap,’’ ungkapnya, Rabu (16/3).

Di Dusun Bulakploso, terdata ada sebanyak 26 rumah warga terdampak. Perinciannya, 16 rumah di RT 08 mengalami kerusakan ringan dan 10 rumah mengalami kerusakan sedang. Lalu, di Dusun Kedungrukem, ada dua rumah warga di RT 07 yang mengalami kerusakan ringan.

‘’Korban jiwa tidak ada. Kerugian materi diperkirakan Rp 77,5 juta,’’ papar Tarso.

Amuk puting beliung di wilayah Gresik Selatan itu sudah beberapa kali terjadi pada musim hujan kali ini. Belum genap sebulan, sudah tiga kali kejadian. Sebelumnya, pada 21 Februari lalu, angin kencang menyapu rumah dan bangunan di wilayah Kecamatan Driyorejo dan Balongpanggang.

Dua hari kemudian (23/2), giliran menyasar Desa Sumberame, Kecamatan Wringinanom. Setidaknya, 34 rumah warga terdampak cuaca buruk tersebut.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: