alexametrics

DPC dan DPD Demokrat Sudah Satu Suara Usung Machfud Arifin

16 Februari 2020, 18:07:36 WIB

JawaPos.com – Kabar terkait arah dukungan Partai Demokrat sempat menimbulkan gejolak di internal. Partai berlambang Mercy itu menegaskan tetap pada pendirian awal, yakni mendukung Machfud Arifin sebagai calon wali kota.

Hal itu disampaikan Ketua DPC Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari. Menurut Lucy, pengurus sudah melakukan penjaringan sesuai petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari DPP (dewan pimpinan pusat). ”Kita taat asas sesuai juklak dan juknis partai yang dikeluarkan DPP,” ujarnya kemarin (15/2).

Lucy mengatakan, dalam proses penjaringan, ada empat calon yang mendaftar. Dua di antaranya merupakan kader internal. Dua tokoh lain yang juga mengambil formulir adalah Machfud Arifin dan Zahrul Azhar As’ad alias Gus Hans.

Nama-nama yang sudah masuk itu dinilai pengurus. Hal tersebut, kata Lucy, tidak dilakukan atas dasar like and dislike. Penilaian dilakukan secara terukur dan objektif. Bukan hanya pengurus dan panitia yang dilibatkan. Partai juga meminta pendapat para kader dan pengurus sampai tingkat PAC (pengurus anak cabang) di 31 kecamatan.

Dari hasil penilaian, nama Machfud mendapat nilai tertinggi. Nama yang mendapat peringkat tertinggi diusulkan ke DPP melalui DPD (dewan pimpinan daerah) tingkat provinsi. ”Ke depan penilaian DPC sama dengan DPD terkait kelayakan Pak Machfud yang kemudian diusulkan ke DPP untuk mendapat rekomendasi,” katanya.

Anggota DPR periode 2019–2024 itu menyatakan sudah meneruskan usulan tersebut ke DPP. Lucy memastikan, rekomendasi yang dikeluarkan DPP tidak akan berbeda. ”Sudah pasti kami mendukung dan mengusulkan calon yang kami nilai berpeluang menang dalam Pilwali Surabaya 2020,” jelasnya.

Perempuan yang pernah maju dalam pemilihan wali kota (pilwali) 2015 itu menyadari, dengan bermodal empat kursi di parlemen, Demokrat tidak ingin hanya menjadi pendukung. Karena itu, pihaknya memutuskan untuk bergabung ke koalisi menjadi pengusung. Dia kembali menegaskan bahwa partainya ingin menjadi pengusung calon yang berpeluang menang. ”DPC Demokrat Surabaya akan taat asas mengamankan dan memenangkan calon yang direkom DPP menjadi calon wali kota,” ucapnya.

Di sisi lain, Plt Ketua DPD Demokrat Jatim Renville Antonio menegaskan sudah satu suara dengan pengurus di tingkat DPC. Namun, soal arah dukungan, itu menjadi wilayah pengurus DPC. ”Jadi, soal itu biar Mbak Lucy saja,” katanya.

Dinamika Demokrat di Pilwali

1. Setelah penjaringan, pengurus mengusulkan nama MA.

2. Pengurus di tingkat DPC dan DPD ikut dalam deklarasi dukungan MA bersama lima partai lain.

3. Muncul kabar dari DPP yang meragukan arah dukungan partai.

4. DPC, DPD, dan DPP melakukan konsolidasi.

5. Arah dukungan telah dipastikan untuk MA, tinggal menunggu rekomendasi.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : adi/c7/ano



Close Ads