alexametrics

Cek Gentong Lama di Kawasan Ampel, Temukan Benda Tidak Terduga

15 Desember 2021, 20:34:51 WIB

JawaPos.com- Komunitas pemerhati sejarah menemukan dua benda bersejarah di kompleks makam Sunan Ampel, Surabaya. Penemuan berawal dari kecurigaan anggota Begandring Soerabaia. Mereka melihat lima gentong lawas berserakan di halaman sebuah kantor kawasan Religi Sunan Ampel, Minggu (12/12) lalu. Ukurannya besar, tapi tak terawat.

Pendiri Begandring Soerabaia Nanang Purwono bersama anggota komunitas lain pun mengeceknya. Awalnya gentong hitam itu terlihat kusam. Debu dan pasir menempel di seluruh badan gentong. Di tengah pengecekan, Nanang dan tim mendapati hal tak terduga. Mereka menemukan benda arkeologis, yaitu batu candi. Benda itu diduga merupakan peninggalan zaman pra-Majapahit.

’’Selain 2 batu candi, kami menemukan 1 umpak, 4 gentong batu andesit, 3 lumpang andesit, 1 nisan batu berornamen flora dan fauna setinggi 1 meter, dan 4 nisan lain dengan ornamen berbeda,’’ kata Nanang, Selasa (14/12).

Temuan tersebut dilaporkan kepada Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Pemkot Surabaya dan DPRD Surabaya. Dia berharap pemerintah bergerak cepat menindaklanjuti temuan Begandring Soerabaia itu. Yakni, melakukan penelitian dan merelokasi benda tersebut ke tempat yang aman agar tidak hancur.

’’Sebab, saat ini benda bersejarah itu berserakan begitu saja di tengah area proyek pembangunan kantor,’’ lanjut Nanang.

Laporan tersebut direspons Wakil Ketua DPRD Surabaya A.H. Thony. Kemarin dia mendatangi lokasi penemuan. Seluruh benda temuan penggiat sejarah diperiksa.’’Seperti yang saya pegang saat ini, yaitu struktur candi berbahan batu andesit,’’ kata Thony.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ian/c7/ady

Saksikan video menarik berikut ini: