alexametrics

Dimusnahkan, Ratusan Handphone Selundupan ke Rutan Gresik

15 November 2021, 17:13:03 WIB

JawaPos.com- Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II-B Gresik terus mendeklarasikan Gerakan Bersinar (Bersih dari Handphone, Pungutan Liar, dan Narkoba). Hasilnya, sejak Februari hingga akhir Oktober 2021, petugas berhasil menyita 135 handphone yang diselundupkan para penghuni. Barang sitaan tersebut langsung dimusnahkan.

Kepala Rutan Kelas II-B Gresik Aris Sakuriyadi menjelaskan, langkah itu dilakukan sebagai bentuk keseriusan pihaknya dalam memerangi penyelundupan handphone ke dalam Rutan. Sebab, sesuai peraturan , penggunaan handphone bagi warga binaan di lingkungan Rutan memang dilarang. ‘’Sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan kami dalam menegakkan aturan kepada penghuni,’’ tuturnya.

Meski demikian, upaya tersebut bukan tanpa halangan. Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Zulfikar Dyabir mengatakan, jumlah penghuni Rutan Gresik saat ini telah mencapai 746 orang. Kondisi itu berbanding terbalik dengan kapasitas Rutan Kelas II-B Gresik, yang sebetulnya hanya memiliki daya tampung 208 orang.

’’Sudah overload. Dengan begitu, upaya kami adalah memindahkan warga binaan tersebut yang statusnya sudah narapidana ke lembaga pemasyarakatan (lapas) terdekat,’’ ujar Zulfikar.

Dia menambahkan, upaya lain yang dilakukan ialah menyediakan enam tempat kamar blok di karantina. Setiap bloknya berisi 20 warga binaan. Bahkan, setiap blok dilengkapi dengan kamera CCTV dan petugas yang berpatroli secara berkala. ’’Daya tampung tiap blok tidak boleh melebihi 50 warga binaan,’’ terangnya.

Kebijakan tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan pengawasan. Tujuannya,  agar Rutan tetap layak huni. Selain itu, seluruh warga binaan harus menjaga kebersihan blok hunian. Tamping kebersihan dibentuk di tiap-tiap blok. ’’Tamping ini tidak hanya asal tunjuk. Setidaknya telah menjalani separo tahanan dan berperilaku baik selama masa tahanan,’’ tandasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : yog/c7/diq

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads