alexametrics

Restoran di Surabaya Lebih Ekspansif Jelang Akhir Tahun

15 Oktober 2021, 15:35:32 WIB

JawaPos.com- Geliat industri kuliner di Surabaya, membaik dalam beberapa pekan terakhir. Kondisi itu seiring penurunan kasus positif Covid-19 sejak sebulan lalu. Kebijakan pembatasan yang tidak seketat pada pertengahan tahun, membuat warga lebih betah nongkrong di kafe.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia Jawa Timur (Apkrindo Jatim) Ferry Setiawan menyatakan, sejauh ini beberapa faktor tersebut membuat pengusaha lebih percaya diri untuk ekspansi. Sebenarnya, banyak rencana ekspansi dari restoran yang tertunda akibat pandemi.

‘’Namun, ketika kondisi sudah mulai membaik, kasus Covid-19 melandai, ya kami berani buka cabang atau launch restoran baru,” katanya Kamis (14/10).

Beberapa restoran yang mulai dibuka di kawasan Surabaya, lanjut dia, berlokasi di Surabaya Barat. Ada yang restoran cabang maupun baru. Restoran itu dimiliki orang luar Surabaya maupun warga Surabaya. ”Di Graha Famili dan Food Junction itu, yang saya lihat teman-teman sudah berani launch kafe dan restoran baru,’’ paparnya.

Ferry menambahkan, pihaknya pun tetap menaruh harapan besar semoga protokol kesehatan tetap terjaga. Dengan demikian, akhir tahun ini tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19. Akhir tahun adalah momen yang pas untuk meraup keuntungan bagi industri kuliner. Sejauh ini omzet penjualan pada kuartal III 2021 naik 30 persen jika dibandingkan pada kuartal sebelumnya.

Pada kuartal IV ini, pihaknya juga optimistis. Namun, tidak muluk-muluk mengharapkan kenaikan omzet yang terlalu tinggi. ”Yang penting, teman-teman konsisten menerapkan prokes saja dulu supaya kita bisa stabil. Jangan sampai restoran menjadi sumber persebaran virus. Kita harus saling bekerja sama,” tuturnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : rin/c14/ady




Close Ads