alexametrics

Bikin Mata Segar, Pemintaan Bibit Tabebuya di Kota Surabaya Meningkat

15 Oktober 2021, 10:39:49 WIB

JawaPos.com- Selama belum beroperasinya Kebun Bibit Wonorejo, dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) Surabaya terus melakukan perawatan dan pembibitan tanaman. Hingga kini, ribuan jenis tanaman sudah  dilakukan pembibitan. Termasuk tabebuya.

Koordinator Kebun Bibit Wonorejo Mochamad Machmud mengatakan, pengajuan permintaan bibit tabebuya dan tanaman perdu hias lainnya meningkat. Banyaknya pengajuan tak hanya berasal dari kalangan instansi dan perkantoran, tapi juga warga dari berbagai kawasan di Surabaya.

”Terutama menjelang hari besar kenegaraan. Kami sudah mengeluarkan lebih dari 1.000 bibit beberapa bulan terakhir,” ungkapnya.

Sementara itu, khusus pengajuan pohon tabebuya mulai marak menjelang musim kemarau. Sebab, tanaman dengan nama ilmiah Handroanthus chrysotrichus tersebut akan merekah saat musim kemarau tiba.

Kategori pohon yang dikirim pun harus memenuhi beberapa syarat. Minimal berdiameter 8 sentimeter. Per bulan, setidaknya ada 500 pohon tabebuya yang dikirim sesuai dengan permintaan. Bukan hanya dari warga, tapi juga instansi tertentu.

”Tapi, kalau tabebuya ini kami juga sesuaikan dengan tata wilayah pemkot. Misalnya, ada kawasan sesuai kategori, ya kami kirim,” ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : zam/c13/ai




Close Ads