alexametrics

Fasilitas Prokes Dikaji, Satgas Covid-19 Cek Kesiapan Bioskop

15 September 2021, 11:48:14 WIB

JawaPos.com – Tak lama lagi, movie mania bisa kembali datang ke bioskop. Sebab, pemkot telah memberikan lampu hijau bagi tempat nonton itu beroperasi. Namun, sebelum kembali buka, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pengelola tempat tersebut.

Selasa (14/9) Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 turun ke seluruh bioskop di metropolis. Ada tiga tim yang dikerahkan. Sebanyak 19 tempat menonton film itu dipelototi. Petugas mengecek sejumlah persyaratan.

Di Grand City XXI, empat petugas melakukan pengecekan. Satu per satu teater ditelaah. Satgas melihat fasilitas protokol kesehatan (prokes) yang sudah disediakan.

Di pintu masuk bioskop, pengelola menyediakan barcode aplikasi PeduliLindungi. Pengunjung yang hendak menonton diminta men-scan barcode tersebut.

Berlanjut pada antrean pembelian tiket. Jarak diatur. Tujuannya, tidak terjadi kerumunan. Lalu, dilakukan pengecekan tiket. ”Yang sudah lolos bisa masuk ke teater,’’ terang Area Manager XXI Surabaya Yoyok Santoso di depan satgas.

Pengecekan berlanjut di dalam ruang menonton. Di teater premiere, total kapasitas 50 orang. Pengelola memberikan tanda silang pada tempat duduk. Tujuannya, prinsip jaga jarak tetap berjalan. ’’Jadi, nanti diisi maksimal 25 orang,’’ ujarnya.

Petugas juga menelaah teater yang lain. Melihat tanda silang serta alat penjernih udara. Air purifier wajib disediakan. Sebab, ruangan bioskop tertutup.

Yoyok mengatakan, seluruh XXI di Surabaya sudah melakukan persiapan. Karyawan telah mendapatkan vaksin. Selama bioskop tidak beroperasi, pengelola tetap membersihkan ruangan.

Pihaknya telah mendapatkan penjelasan regulasi pembukaan kembali bioskop. Di dalam ruangan, pengunjung dilarang makan dan minum. Penonton juga wajib mengenakan masker. Selepas film diputar, pengelola bergegas membersihkan ruangan. ”Pengunjung juga harus vaksin dua kali,” paparnya.

Kesehatan karyawan juga menjadi perhatian. Setiap hari pengelola diminta melakukan pengecekan. Pegawai yang bertugas harus dipastikan sehat. ”Outlet kami ada 15. Kami pastikan sudah siap beroperasi,’’ jelasnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : aph/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads