alexametrics

Covid-19 Melandai, Stok Plasma Konvalesen di PMI Surabaya Melimpah

15 September 2021, 14:48:56 WIB

JawaPos.com – Stok plasma konvalesen sedang surplus. Kini PMI Surabaya mampu menampung 1.305 kantong plasma konvalesen yang didonorkan para penyintas Covid-19.

Persediaan plasma konvalesen tersebut untuk sementara akan disimpan di freezer khusus dengan suhu minus 30 derajat Celsius. Plasma konvalesen itu bisa disimpan sampai setahun.

”Ini sebagai antisipasi kalau sewaktu-waktu terjadi gelombang ketiga kasus Covid-19. Makanya, stok plasma ini bisa dimanfaatkan,” ujar kata Kabag Pelayanan dan Humas PMI Kota Surabaya dr Martono Adi kemarin (14/9).

Dia mengungkapkan, stok plasma konvalesen yang melimpah itu dipicu menurunnya kasus Covid-19. Penurunan kasus positif tidak hanya terjadi di Surabaya, tetapi juga di daerah sekitar Kota Pahlawan.

Selama ini PMI Surabaya juga menyalurkan plasma konvalesen ke daerah lain. Bahkan, saking banyaknya stok, PMI kini kekurangan kantong khusus untuk menyimpan plasma konvalesen. ”Persediaan kantong sampai habis,” katanya.

Sebelumnya, Surabaya pernah sampai kehabisan stok plasma konvalesen. Tepatnya ketika kasus Covid-19 meledak pada Juni–Juli lalu. Saat itu PMI sampai kekurangan stok plasma konvalesen untuk membantu para pasien bisa sembuh dari paparan virus SARS-CoV-2.

Kasus penularan Covid-19 terus melandai di Kota Pahlawan. Angka konfirmasi positif dan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) kian menipis. Status Surabaya pun semakin membaik.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mar/c14/jun

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads