alexametrics

Satu Peserta Didiskualifikasi dari Ujian Tulis Jalur Mandiri UGM

15 Juli 2019, 20:11:12 WIB

JawaPos.com – Kecurangan mewarnai pelaksanaan ujian tulis jalur mandiri Universitas Gadjah Mada (UGM) 2019. Salah seorang peserta tepergok menggunakan earphone saat ujian berlangsung di SMA Al Hikmah, tempat pelaksaaan ujian tulis, kemarin (14/7).

Penanggung jawab ujian tulis UGM Gitadi Tegas membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut dia, peserta yang melakukan kecurangan tergabung dalam kelompok ujian saintek. Saat ujian dimulai, yakni pukul 07.30, pengawas mencurigai gerak-gerik peserta itu. ’’Dia terlihat membenahi kerudung yang dipakainya terus-menerus. Telinganya juga beberapa kali disentuh,’’ kata alumnus UGM tersebut.

Peserta itu baru ketahuan setelah istirahat dan masuk ke ruang ujian lagi untuk mengerjakan tes kemampuan dasar umum (TKDU). Saat pemeriksaan tubuh peserta, pengawas akhirnya menemukan barang bukti berupa sepasang earphone yang tertancap di sebuah handphone. Pengawas kemudian membawanya untuk diinterogasi lebih lanjut. ’’Dia mengaku diiming-imingi seorang oknum untuk diberi kunci jawaban,’’ tutur Gitadi.

Peserta tersebut mengaku baru saja bertemu oknum itu di sekitar SMA Al Hikmah Surabaya. Oknum tersebut menjanjikan kunci jawaban ketika proses pengerjaan soal berlangsung. Namun, ternyata sampai ujian berakhir, oknum itu tidak memberikan informasi apa pun. ’’Berarti memang benar, peserta tersebut ditipu,’’ papar dosen Universitas Airlangga itu.

Gitadi menyatakan bahwa setiap peserta yang masuk dan keluar ruang ujian menjalani proses pemeriksaan tubuh dan barang bawaan. Namun, pada awal pemeriksaan, peserta tersebut memang belum menunjukkan tanda-tanda mencurigakan. Pihak panitia juga sudah memberikan hukuman kepada peserta itu. ’’Sudah kami diskualifikasi,’’ tegasnya.

Gitadi mengakui, hanya ada seorang peserta yang melakukan kecurangan kali ini. Mengenai keamanan soal, dia pun menjamin tidak ada kebocoran selama soal berada di Surabaya sejak Sabtu (13/7). ’’Diawasi langsung dari dosen UGM sendiri dan tidak terlepas dari pengamatan,’’ ungkapnya. (nas/c22/ai)

Editor : Dhimas Ginanjar



Close Ads