alexametrics

RS Indrapura Akui Kewalahan Tangani Pasien Covid-19 Asal Bangkalan

15 Juni 2021, 19:55:30 WIB

JawaPos.com–Kapasitas bed Rumah Sakit Darurat Lapangan Indrapura tinggal 30 unit. Dari total kapasitas 400, kini sudah terisi 370. Sebanyak 219 di antaranya adalah pasien asal Bangkalan, Madura.

Penanggung Jawab RSLI Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengakui, dengan kondisi itu, sebenarnya pihaknya tidak mampu menangani. ”Tapi mereka (nakes) kita atur kerja maksimal. Pasien dari Madura, dari hasil penyekatan ada 219. Kita rujuk 9 pasien,” jelas Nalendra pada Selasa (15/6).

Satu di antaranya merupakan pasien dengan kasus varian virus B16172 dari India. Dia dirujuk ke Bojonegoro karena ingin dekat dengan keluarga. ”Sedangkan 8 lainnya karena desaturasi atau penurunan kondisi,” ujar Nalendra.

Dari 219 pasien Bangkalan itu, lanjut Nalendra, 203 di antaranya memiliki CT value di bawah 25. CT Value merupakan istilah untuk menggambarkan jumlah partikel virus yang ada dalam tubuh pasien. Tingkat infeksius atau kemampuan seseorang dalam menularkan virus juga dapat dinilai dari CT Value.

Semakin tinggi nilai CT seseorang, makin rendah kemungkinannya untuk menyebarkan virus yang dapat menginfeksi. Sebaliknya. makin rendah CT Value seseorang, pasien tersebut makin infeksius.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads