alexametrics

Wagub Jatim Emil Dardak: Satgas Prokes Difungsikan Lagi Selama Lebaran

Disebar hingga ke Tingkat Desa
15 April 2022, 15:15:47 WIB

JawaPos.com – Jelang berlangsungnya arus mudik Lebaran yang diprediksi dimulai pekan depan, sejumlah persiapan tengah dilakukan. Tak terkecuali oleh jajaran forkopimda di Jatim.

Tak hanya memastikan kesiapan seluruh armada angkutan hingga infrastruktur penunjang arus mudik-balik, yang juga menjadi atensi adalah penerapan protokol kesehatan (prokes) selama masa Lebaran. Pemprov Jatim memastikan bakal memberlakukan sejumlah aturan baru.

Rencana itu diungkapkan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak setelah mengikuti rapat koordinasi menjelang pelaksanaan mudik bersama Polri kemarin. ’’Dari pertemuan itu, ada sejumlah permasalahan yang akan menjadi atensi,’’ katanya seusai rapat secara virtual tersebut.

Selain kesiapan armada angkutan dan infrastruktur pendukung arus mudik, yang menjadi atensi adalah penerapan protokol kesehatan. ’’Ada beberapa kebijakan yang diminta untuk diterapkan di Jatim. Di antaranya, percepatan vaksinasi booster dan mengaktifkan kembali satgas protokol kesehatan (prokes),” katanya.

Untuk vaksinasi booster, kata Emil, nantinya tidak hanya diprioritaskan bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN), tetapi juga warga yang menjadi tujuan mudik, khususnya para lansia. ’’Sebab, bisa terjadi penularan selama arus mudik di wilayah tujuan. Karena itu, perlindungan bagi warga yang menerima kunjungan sangat penting,’’ katanya.

Berdasar target dari pemerintah pusat, vaksinasi booster untuk daerah tujuan adalah 30 persen. Lalu, vaksinasi bagi daerah yang sebagian besar warganya melakukan perjalanan adalah 50 persen.

Sejauh ini, vaksinasi dosis kedua bagi lansia di Jatim memang belum memenuhi target. Karena itu, perlu dipercepat. Saat ini sejumlah kebijakan sudah diberlakukan. Salah satunya, pengoperasian 15 ribu gerai vaksinasi di Jatim. ’’Kami berharap masyarakat memanfaatkan program tersebut,’’ katanya.

Selain itu, pemprov dan pemerintah kabupaten/kota di Jatim diminta memperhatikan potensi warga pendatang. Protokol kesehatan harus diperhatikan. Karena itu, pengawasan terhadap prokes pada tingkat bawah menjadi penting. ’’Satgas prokes harus diaktifkan kembali hingga di tingkat desa,’’ ucapnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : riq/c12/ris

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads