alexametrics

Toko yang Wajib Tunjukkan KTP untuk Beli Minyak Goreng Disanksi

15 Maret 2022, 22:19:43 WIB

JawaPos.com-Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kota Surabaya menindak distributor dan toko yang menerapkan aturan tertentu untuk membeli minyak goreng. Beberapa temuan Dinkopumdag adalah distributor atau toko mewajibkan pembeli untuk melakukan transaksi dengan nominal tertentu, baru bisa membeli minyak goreng. 

Kepala Dinkopumdag Fauzi Mustaqiem Yos mengatakan, pihaknya kini sedang membuat daftar distributor dan toko dengan aturan tersebut. ”Kami sedang mendata,” tegas Yos pada Selasa (15/3).  

Berdasar temuan di lapangan, Yos juga menemukan fakta terdapat beberapa distributor atau toko yang mewajibkan pembeli untuk memberikan KTP untuk membeli minyak goreng. ”Kami siap menindak distributor atau toko yang membuat aturan atau mewajibkan pembeli menyerahkan kartu identitas untuk membeli minyak goreng,” kata Yos. 

Berdasar pendataan selama 2 hari terakhir, sudah ada beberapa distributor atau toko yang membuat aturan tersebut. Rata-rata aturan yang digunakan adalah pembeli wajib menunjukkan KTP.  

”Ada juga toko yang mewajibkan pembeli untuk membeli barang lain. Jadi ada minimal pembelian. Kalau sudah mencapai nominal tertentu, baru boleh beli minyak goreng,” terang Yos. 

Toko dan distributor seperti itu yang akan ditindak Dinkopumdag. Yos berharap tidak ada lagi distributor atau toko yang menerapkan kebijakan itu. ”Sejauh ini kami sudah menindak kurang dari 10 distributor atau toko. Kami akan beri sanksi,” ujar Yos.  

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: