alexametrics

Pemkab Gresik Ingin Pembangunan Lebih Responsif Anak dan Perempuan

Bikin Terobosan Musrenbang Tematik
15 Maret 2022, 12:57:42 WIB

JawaPos.com- Masalah perempuan dan anak, belakangan mendapat atensi lebih dari Pemkab Gresik. Di bawah kepemimpinan Bupati Fandi Akhmad Yani-Wabup Aminatun Habibah, pemkab telah menyelenggarakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tematik khusus perempuan dan anak di Batu, kemarin (14/3).

Menurut Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Gresik Saifuddin Ghozali, musrenbang tematik tersebut merupakan salah satu langkah afirmatif. Tujuannya, memastikan setiap tahap pembangunan di Gresik memberikan akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat bagi perempuan sebagaimana juga pada kaum laki-laki.

Dengan mengambil lokasi yang sejuk dan nyaman serta dihentikan sementara dari rutinitas sehari-hari, pihaknya berharap para peserta bisa lebih fokus dan maksimal dalam proses musyawarah. ‘’Sehingga menghasilkan usulan yang benar-benar merepresentasikan kebutuhan perempuan dengan segala keragaman dan kekhususannya,’’ ujar mantan kepala Dinkes itu.

Biasanya, tahapan musrenbang berproses melewati musrenbang di tingkat desa dan kecamatan. Nah, musrenbang perempuan dan anak merupakan jalur khusus. Yakni, sebuah strategi untuk mempersempit kesenjangan yang selama ini terjadi. ‘’Sebelumnya, hampir seluruh proses perencanaan di tingkat bawah  masih didominasi oleh laki-laki,’’ ungkapnya.

Dalam musrenbang perempuan dan anak, lanjut Ghozali, usulan disusun melalui proses penggalian dan penajaman isu dengan metode diskusi terfokus. Dengan metode ini, setiap peserta adalah narasumber yang mewakili dirinya sendiri dan berperan aktif untuk menyampaikan pengalaman, kebutuhan dan usulannya.

Dia meyakini, metode ini bisa menemukenali persoalan atau potensi yang selama ini belum banyak mendapat perhatian dalam perencanaan, penganggaran, monitoring maupun evaluasi pembangunan. Khususnya, terkait isu gender.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: