alexametrics

Satu Proyek Betonisasi Jalan di Sidoarjo Meleset dari Target

15 Januari 2022, 10:21:36 WIB

JawaPos.com- Proyek peningkatan jalan di Sidoarjo tahun anggaran 2021, masih menyisakan satu ruas jalan besar. Yakni, ruas Jalan Wonoplintahan–Jedongcangkring, Kecamatan Prambon. Panjang jalan yang digarap mencapai 2,7 kilometer dengan nilai kontrak Rp 14 miliar.

Proyek itu semestinya tuntas akhir tahun lalu, tetapi molor. Rekanan diberikan perpanjangan waktu. Jalan tersebut ditargetkan selesai maksimal dua pekan lagi.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Pemkab Sidoarjo M. Yunan Khoiron menjelaskan, pada 2021 ada sebanyak 25 ruas jalan yang dibeton. Dari jumlah itu, tinggal tersisa satu ruas jalan. ”Satu atau dua minggu lagi targetnya selesai. Sekarang progresnya sudah sekitar 98 persen,” jelas Yunan.

Saat ini, lanjut dia, pekerja masih berfokus menggarap penahan jalan di sisi samping jalan dan sebagian kecil pembetonan badan jalan. ”Jadi, jalannya ditutup sampai saat ini untuk mempercepat pengerjaan,” ujarnya.

Ada sejumlah kendala yang mengakibatkan pengerjaan jalan itu molor. Salah satunya, pembangunan U-ditch di sisi jalan sempat tertunda. ”Karena ada sebagian lahan yang di atasnya berdiri bangunan liar (bangli), jadi harus dibersihkan dulu,” tutur Yunan.

Semua bangli sudah dibongkar sehingga tinggal pengerjaan fisik. ”Karena terlambat, denda per hari berlaku. Sekitar Rp 14 juta per hari,” kata Yunan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c14/any

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads