alexametrics

Gubernur Khofifah Pastikan Tak Ada Pelonggaran PPKM Saat Libur Nataru

14 Desember 2021, 10:22:37 WIB

JawaPos.com – Jelang memasuki masa libur Natal dan tahun baru (Nataru), situasi pandemi Covid-19 di Jatim cukup menggembirakan. Mengacu asesmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes), tercatat ada 18 kabupaten/kota yang masuk kategori level 1 PPKM.

Capaian itu menjadikan Jatim sebagai provinsi dengan jumlah kabupaten/ kota terbanyak berstatus level 1. Meski demikian, satgas Covid-19 memastikan tidak ada pelonggaran PPKM selama masa Nataru. ”Di Jatim tidak ada pelonggaran PPKM,” ucap Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kemarin.

Dia menjelaskan, pengendalian dan pencegahan aktivitas publik akan tetap dipilih Jatim untuk menekan bertambahnya kasus. Terkait teknisnya, pemprov bakal menggelar rapat koordinasi dengan jajaran forkopimda akhir pekan ini.

Sementara itu, makin banyaknya kabupaten/kota di Jatim yang berstatus level 1 PPKM tak lepas dari keberhasilan mencapai target vaksinasi. Yakni, 70 persen masyarakat umum plus 60 persen lansia.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jatim Makhyan Jibril mengatakan, saat ini jumlah lansia yang divaksin di Jatim untuk dosis pertama mencapai 58,24 persen. Artinya, kurang sedikit lagi bisa mencapai target 60 persen seperti ketentuan pemerintah pusat.

”Tapi, memang untuk mencari lansia yang divaksin saat ini bukan perkara mudah,” katanya.

Untuk mengejar target lansia, Jatim menyebut harapan kenaikannya bisa berlangsung setiap minggu. Per pekan paling tidak ada kenaikan setengah sampai 1 persen dari persentase secara menyeluruh. Upaya tersebut penting agar target lansia perlahan bisa terus bertambah. 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c13/ris

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads