alexametrics

Pelanggar Lalu Lintas Surabaya Bisa Ditegur lewat Pengeras Suara

14 Desember 2019, 13:48:23 WIB

JawaPos.com – Warga yang melanggar lalu lintas Surabaya di empat titik jalan harus lebih berhati-hati. Selain bakal ditilang anggota kepolisian, pelanggar akan dibuat malu. Sebab, mereka ditegur langsung oleh petugas melalui pengeras suara.

Hal itu dilakukan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas. Bahkan, Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya berencana menambah speaker di persimpangan lain yang dilengkapi closed circuit television (CCTV).

Empat titik tersebut berada di persimpangan Mastrip–Wiyung, depan Rumah Sakit Islam (RSI) Wonokromo, bawah flyover Mayangkara, dan sekitar DTC. Penentuan lokasi itu berdasar pada tingginya pelanggaran.

’’Nanti kami tambah di titik lain,’’ ucap Kasi Penyediaan Prasarana Lalu Lintas Dishub Prasetyo Prambayanto kemarin (13/12).

Menurut Prasetyo, keberadaan CCTV yang dilengkapi dengan speaker tersebut sebenarnya kurang begitu efektif. Banyak pelanggar yang cuek dengan teguran petugas.

Mereka baru jera ketika ada petugas kepolisian yang menilangnya. Prasetyo menuturkan, teguran dari CCTV itu berlaku sejak pertengahan tahun. Hanya, pengguna jalan tak peduli meski diperingatkan langsung. Sistem tersebut berlaku 24 jam nonstop. Artinya, kapan pun melintas dan menyalahi aturan, pengendara langsung ditegur.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : omy/c7/git


Close Ads