alexametrics

Transaksi Toko Kelontong E-Peken Tembus Rp 1,5 Miliar

Diwajibkan untuk ASN Pemkot
14 Oktober 2021, 16:48:32 WIB

JawaPos.com – Upaya pemkot untuk memberdayakan toko-toko kelontong dan UMKM mulai membuahkan hasil. Itu terlihat dari ramainya transaksi pembelian barang kebutuhan pokok melalui e-peken. Nilainya mencapai Rp 1,5 miliar.

E-peken adalah aplikasi e-commerce yang diciptakan pemkot melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya. Aplikasi yang diluncurkan sejak akhir Juli lalu menghimpun 230-an toko kelontong dan pelaku UMKM. ”(Rp 1,5 miliar, Red) ini jumlah transaksi yang sudah berjalan selama tiga bulan,’’ jelas Kepala Diskominfo Kota Surabaya M. Fikser Rabu (13/10).

Fikser optimistis jumlahnya terus bertambah. Saat ini jumlah customer baru 3.000-an orang. Padahal, jumlah ASN di lingkungan Pemkot Surabaya mencapai 15 ribu orang. Nah, jika semua berbelanja kebutuhan pokok melalui aplikasi itu, nilai transaksi akan tembus Rp 30 miliar. ”Ini target Pak Wali (Eri Cahyadi, Red). Kita optimistis capai target ini,’’ imbuhnya.

Sejak awal, aplikasi itu bertujuan untuk memberdayakan ekonomi lokal. Setiap ASN Pemkot Surabaya diwajibkan berbelanja kebutuhan pokok bulanan melalui e-peken. ASN berbelanja di toko kelontong sesuai dengan alamat dan domisilinya. Itu merupakan bentuk pemerataan agar semua toko kelontong mendapat konsumen masing-masing.

Sejauh ini, pembayaran dilakukan melalui quick response code Indonesian standard (QRIS). Dengan begitu, semua transaksi dilakukan secara online. Ada beberapa kemudahan dalam aplikasi itu. Pembeli, misalnya, bisa menggunakan jasa antar agar barang pesanan dibawa langsung ke rumahnya. Bisa juga mengambil barang pembelian di toko setempat. ”Tergantung permintaan konsumen,’’ jelas Fikser.

Ada juga kemudahan lain. Apabila produk yang ingin dibeli kosong, calon pembeli bisa menghubungi toko kelontong. Yang bersangkutan dapat memesan agar barang yang diing inkan bisa segera tersedia di toko online itu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mar/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads