alexametrics

Situasi Mulai Normal, Asyik Mampir ke Pasar Bunga Bratang

14 Oktober 2021, 20:45:59 WIB

JawaPos.com- Mulai membaiknya kondisi ekonomi pascapandemi melandai, tidak hanya dirasakan para pelaku UMKM. Sejumlah pedagang di Pasar Bunga Bratang, Surabaya, pun merasakan hal serupa. Setelah ada kebijakan pelonggaran, kenaikan omzet pedagang tanaman hias dan herbal mencapai 30–40 persen.

Dalam beberapa pekan terakhir, banyak pengunjung dari berbagai kawasan di Surabaya ke Pasar Bunga Bratang. Rabu (13/10), misalnya. Sejumlah warga tampak asyik menikmati suasana tersebut. Baik yang datang untuk sekadar melihat-lihat atau membeli untuk menambah koleksi bunga yang sudah dimiliki.

Menurut Yulfi Disnaini, pemilik gerai Bratang Orchid di Pasar Bunga Bratang, pengunjung kembali normal sejak Surabaya masuk kategori level 1 sesuai asesmen Kemenkes RI. Selain sore, kata dia, pengunjung datang pada akhir pekan. ”Sore biasanya yang pulang kerja ya mampir. Sama Minggu pagi. Beda sekali pas Juni-Juli lalu,” ujarnya.

Yulfi menyebut jenis tanaman yang banyak dibeli adalah bunga anggrek. Mulai anggrek bulan, anggrek kasut kumis, anggrek sendok, anggrek bulan bintang, dan beberapa jenis lainnya. ”Termasuk monstera ya. Bunga ini juga banyak dicari sih. Sama bunga gantung dari petunia dan hoya,” tuturnya.

Menyoal omzet pedagang bunga, Yulfi mengaku pendapatan sudah kembali normal. Bahkan, beberapa situasi seperti saat akhir pekan, pendapatan pedagang mengalami kenaikan 30–40 persen dari sebelumnya. Kenaikan omzet tersebut juga dirasakan penjual tanaman herbal di Pasar Bunga Bratang. 

 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : zam/c6/ai

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads