alexametrics
Penghargaan APE 2020

Gresik Raih Utama, Sidoarjo Madya, Surabaya Satu-Satunya Mentor

14 Oktober 2021, 05:39:27 WIB

JawaPos.com- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Rabu (13/10) kembali memberikan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Sebuah penghargaan untuk mereka yang dinilai peduli dan berkomitmen, serta berhasil mengimplementasikan pengarusutamaan gender (PUG) dalam program-program dan kegiatannya.

Kali ini, ada sebanyak 13 kementerian/lembaga, 29 provinsi, dan 266 kabupaten/kota se-Indonesia yang mendapat APE 2020 tersebut. Nah, di antara peraih APE adalah kabupaten/kota di wilayah Surabaya Raya. Yakni, Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik.

Yang membanggakan, Surabaya merupakan satu-satunya pemkot di Indonesia yang mendapatkan APE kategori mentor. Tingkatan tertinggi dalam penghargaan yang diberikan Kementerian PPPA setiap tahun tersebut. Di bawah kategori mentor, terdapat kategori utama, madya, dan pratama. Surabaya sudah kali kedua menerimanya.

Adapun Kabupaten Gresik meraih APE untuk kategori utama atau satu tingkat di bawah mentor. Selain Gresik, ada 12 kabupaten/kota lain yang mendapat penghargaan kategori serupa. Capaian untuk Gresik ini merupakan kali kedua. Pada 2018 lalu juga menerima APE utama dan 2016 meraih madya. Sedangkan Kabupaten Sidoarjo, mendapatkan APE 2020 untuk kategori madya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih kepada menteri PPPA dan tim verifikasi APE atas terpilihnya Kota Surabaya sebagai satu-satunya kota yang meraih APE 2020 kategori mentor. Dia menyatakan, penghargaan itu berhasil diraih berkat gotong-royong dan kerja bersama seluruh pihak. Baik pemerintah, lembaga masyarakat, perguruan tinggi, dunia usaha, maupun seluruh masyarakat Kota Surabaya dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender.

Eri menambahkan, penghargaan tersebut akan semakin memotivasi Pemkot Surabaya untuk terus konsisten melakukan keberlanjutan pembangunan responsif gender. Sekaligus, menjamin hasilnya agar adil bagi semua pihak. Baik laki-laki maupun perempuan. ‘’Kami akan terus berkreasi dan berkolaborasi serta bersinergi bersama stakeholder untuk menjadikan perempuan dan anak di Kota Surabaya bermartabat, mandiri, berkualitas dan berdaya saing,” ucap alumnus ITS Surabaya itu.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads