alexametrics

63 Puskesmas di Surabaya Diminta Jadi BLUD

14 Oktober 2021, 15:42:21 WIB

JawaPos.com–Sebanyak 63 puskesmas di Surabaya didorong untuk segera menjadi badan layanan umum daerah (BLUD) pada 2022. Perubahan itu sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 79 Tahun 2018 tentang BLUD.

Permintaan itu diajukan Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah. Ada banyak kelebihan dan keuntungan jika puskesmas menjadi BLUD. Kondisi tersebut sama seperti rumah sakit yang sudah lama menjadi BLUD.

”Misalnya, puskesmas bisa mengatur sendiri belanja keuangannya,” tutur Khusnul, Kamis (14/10).

Dengan begitu menurut dia, puskesmas bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tanpa harus tergantung kepada dinas kesehatan (dinkes) jika membutuhkan sarana dan prasarana layanan kesehatan.

”Puskesmas itu kan layanan kesehatan yang promotif preventif yang menjadi ujung tombak layanan kesehatan di masyarakat. Dengan menjadi BLUD, setiap puskesmas diharapkan bisa berlomba-lomba memberikan pelayanan yang cantik kepada masyarakat,” beber Khusnul.

Menurut Khusnul, BLUD akan memberikan ruang fleksibilitas bagi puskesmas untuk memberikan keleluasan pengelolaan keuangan. Artinya puskesmas bisa berlomba-lomba memberikan layanan terbaik untuk masyarakat.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads