alexametrics

Kebun Binatang Surabaya Berencana Tambah Koleksi

14 Juli 2019, 19:31:46 WIB

JawaPos.com – Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) melakukan identifikasi koleksi satwa. Tujuannya, menentukan kebijakan penambahan koleksi satwa baru setelah Juni lalu mendapatkan SK konservasi.

Identifikasi itu dilakukan terhadap seluruh koleksi KBS. ’’Dari hasil identifikasi tersebut, kami bisa mengambil sikap apakah koleksi perlu ditambah dan diseimbangkan,’’ kata Direktur Utama PDTS KBS Chairul Anwar kemarin (13/7). Pengidentifikasian tersebut harus detail. Mulai umur hingga silsilah keturunan satwa. Silsilah itu penting agar nanti tidak terjadi perkawinan sedarah ketika satwa ditukarkan ke lembaga konservasi lain,. ”Ini akan ditulis dalam catatan setiap keeper,” jelasnya.

Setelah mendapat SK konservasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), KBS mulai bergerak untuk memperbaiki koleksi. Saat ini ada tiga koleksi yang jomblo. Yakni, monyet Capuchin kaapori, jerapah, dan zebra. ’’Nanti kami coba datangkan pasangannya,’’ ungkapnya. Tentu untuk mendapatkan koleksi tersebut, KBS harus berkomunikasi dengan lembaga konservasi lain. Terutama yang memiliki koleksi serupa dengan jumlah lebih banyak.

Chairul menjelaskan, proses indentifikasi oleh keeper tersebut bakal rampung bulan ini. Pengelola bakal melakukan beberapa langkah strategis dengan menambah koleksi satwa. ”Kami lakukan bertahap,” ucapnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c20/ai


Close Ads