alexametrics

Uji Sampel Takjil, Tim Dinkes Gresik Tidak Temukan Bahan Berbahaya

14 April 2022, 03:58:27 WIB

JawaPos.com- Ramadan menjadi bulan penuh berkah bagi para pelaku UMKM makanan dan minuman. Hampir di setiap ruas jalan besar dan perumahan di Gresik, saat sore selalu dipenuhi beragam jajanan dan minuman untuk takjil. Namun, para pembeli mesti tetap waspada. Sebab, mungkin ada beberapa yang mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan.

Untuk mengantisipasi itu, Rabu (13/4) sore tim dinas kesehatan (Dinkes) dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Gresik menguji sejumlah sampel jajanan takjil. Salah satu di antaranya di kawasan Perumahan Pondok Permata Suci (PPS), Manyar. Di wilayah ini setiap sore memang penuh dengan para pedagang dadakan.

Dalam uji sampel tersebut, petugas mengambil 12 sampel dari berbagai jenis makanan dan minuman. Lalu, dilakukan pengujian di tempat. Baik melalui jenis uji formalin, rhodamin, boraks dan metanil yellow. Jenis makan yang diuji itu pun beragam. Mulai pentol, minuman es hingga kerupuk.

Kepala Dinkes Pemkab Gresik dr Mukhibatul Khusna menyampaikan, dalam uji sampel itu tim kesehatan membeli jajanan takjil secara acak. Dia bersyukur, hasilnya semua negatif atau tidak mengandung bahan berbahaya.

Mantan Sekertaris Dinkes itu pun mengapresiasi. Sebab, semakin hari masyarakat atau pedagang semakin paham bahaya penggunaan bahan kimia pada makanan dan minuman. “Hasilnya negatif semua dan layak dikonsumsi. Artinya para penjual pun saat ini semakin memperhatikan aspek kesehatan untuk para pelanggannya,” ucapnya.

Tim uji makanan Dinkes tidak mungkin memeriksa satu per satu takjil yang dijual di Gresik. Karena itu, Khusna memberikan tip apabila bertemu dengan makanan atau minuman dengan corak yang terlalu mencolok, sebaiknya dihindari saja. Selain itu, makanan dengan kekenyalan keras ataupun muncul rasa getir, juga perlu dihindari. “Kalau boraks itu kenyal keras, kemudian boraks pada kerupuk itu rasanya getir,” imbuhnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : Galih WIcaksono

Saksikan video menarik berikut ini: