alexametrics

Tidak Berfungsi, Gerbang Jembatan Suramadu Bakal Dibongkar

14 Januari 2022, 09:45:26 WIB

JawaPos.com- Fungsi vital Jembatan Suramadu bagi transportasi Madura dan Pulau Jawa terus mendapat perhatian besar dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII. Setiap tahun perawatan jembatan sepanjang 5.438 meter itu dilakukan secara masif. Bukan hanya jalan utama, berbagai fasilitas pendukungnya juga diperhatikan.

Seluruh elemen serta material jembatan rutin dicek dan diperbaiki. Mulai pengaspalan, penggantian lampu penerangan jalan umum (PJU) ke kualitas LED bertenaga surya, penambalan serta penguatan ribuan tiang pancang, pengecatan pagar, hingga penggantian markah, papan petunjuk, dan baut yang rusak.

Kepala Satuan Kerja Preservasi Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu Herlambang Zulfikar mengatakan, semua kualitas material jembatan harus diperhatikan. Tahun ini perawatan kembali dilakukan. Perawatan memakan anggaran Rp 42 miliar.

Herlambang menjelaskan, saat ini tengah dilakukan tahap lelang. Jika lancar, pengerjaan sudah bisa berjalan pada awal April.

Anggaran puluhan miliar rupiah tersebut mencakup pemeliharaan seluruh elemen yang rusak. Termasuk pembongkaran gerbang tol jembatan. Sebab, bangunan tersebut tak lagi berfungsi dan harus dibongkar.

Setelah dibongkar nanti, lahan tak dibiarkan terbengkalai. Setelah dibongkar, rencananya gerbang diganti dengan pembangunan ikon di setiap pintu masuk atau keluar jembatan itu. Bentuk ikon disesuaikan dengan ciri khas dan kedekatan daerah masing-masing. Yaitu, Surabaya dan Madura. Pemandangan jembatan yang ikonik itu pun bakal kian estetis.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ian/c19/ady

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads