alexametrics

Tempat Penampungan Rongsokan Ganggu Normalisasi Sungai

14 Januari 2022, 16:54:44 WIB

JawaPos.com- Normalisasi aliran sungai oleh Pemkot Surabaya kerap terkendala di lapangan. Di wilayah Kecamatan Sukomanunggal, misalnya. Ada pemandangan yang kurang sedap di bantaran kali di daerah Simo Hilir Utara. Berbagai macam barang bekas menumpuk di lokasi tersebut.

Begitu mendapat laporan, pihak kecamatan dan kelurahan langsung mendatangi lokasi. Pemilik barang diberi teguran agar memindahkan barang-barangnya.

Camat Sukomanunggal Lakoli memahami itu merupakan bagian dari mata pencaharian warga setempat. Namun, penempatan barang-barang rongsokan tersebut kurang tepat. ’’Itu akan mengganggu proses normalisasi saluran atau sungai di situ,’’ ujarnya setelah meninjau lokasi kemarin (13/1).

Lakoli menyatakan, dalam pekan ini, kegiatan untuk mengantisipasi banjir terus dilakukan. Sebab, musim hujan belum berakhir. Genangan masih kerap muncul di kampung-kampung. Terutama daerah yang padat penduduk.

Simo Hilir Utara, salah satunya. Di lokasi tersebut, warga sering mengeluhkan genangan ketika musim hujan. Karena itu, pihaknya menerjunkan tim pematusan di bawah komando bidang drainase dinas sumber daya air dan bina marga (DSDABM) untuk melakukan pengerukan.

Nah, karena di salah satu titik ada tumpukan barang rongsokan, Lakoli meminta pihak kelurahan memberikan peringatan. Teguran yang diberikan baru disampaikan secara lisan. Pemilik barang diminta memindahkan barang-barangnya ke tempat lain. ’’Jadi, proses normalisasi saluran tidak terganggu,” tuturnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : adi/c12/ady

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads