alexametrics

Petani Kedurus Panen Beras Merah dari Lahan 1.500 Meter Persegi

14 Januari 2022, 16:42:36 WIB

JawaPos.com–Kelompok Tani Kedurus Subur, Kecamatan Karangpilang, Kota Surabaya, panen beras merah, Jumat (14/1). Mereka panen di lahan seluas 1.500 meter persegi. Lahan itu merupakan percontohan pembinaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya.

Camat Karangpilang, Kota Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan, penanaman beras merah merupakan salah satu program yang digagas Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Perekonomian warga didorong lebih meningkat lewat berbagai cara, bidang pertanian salah satunya.

”Karena kita ketahui rata-rata petani di Indonesia tanamnya beras putih. Jadi beliau (wali kota) menyampaikan agar bagaimana bisa meningkatkan produktivitas, salah satunya melalui beras merah. Nanti dilanjut ke beras hitam,” kata Febri, sapaan akrab Febriadhitya Prajatara.

Mantan Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya itu memastikan, pemerintah akan terus mendampingi, membina, dan memberi bibit, kepada petani. Sebab, DKPP Surabaya akan melakukan pelatihan-pelatihan kepada para petani. Misalnya, melakukan manajemen pemasaran untuk hasil pertanian.

Dia juga berharap wilayah Kedurus tak hanya dimanfaatkan sebagai ekosistem pertanian, tapi juga edukasi dan wisata. ”Nanti ditingkatkan jadi tempat wisata dan edukasi. Harapan kami bisa lebih mensejahterakan warga Surabaya, terutama di Kecamatan Karangpilang,” papar Febriadhitya Prajatara.

Penyuluh Pertanian Kecamatan Karangpilang DKPP Surabaya Yusuf Indra Suryono mengatakan, sudah lama memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada Kelompok Tani Kedurus Subur. Pembinaan tak hanya dilakukan kepada petani di bidang tanaman pangan, tapi juga hortikultura.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads