alexametrics

Jumlah Pasien Demam Berdarah di RS Mulai Naik Cukup Signifikan

14 Januari 2022, 21:23:37 WIB

 JawaPos.com- Kasus demam berdarah dengue (DBD) mulai menunjukkan tren kenaikan yang signifikan. Sejak awal Januari, sudah terdapat puluhan pasien DBD yang dirawat di sejumlah rumah sakit (RS) di Gresik.

Di Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG), misalnya. Rumah sakit di Jalan Ahmad Yani itu sejak awal tahun tercatat merawat sebanyak 15 pasien dengan diagnosis DBD. Sama halnya dengan RSPG, RSUD Ibnu Sina juga mulai merawat banyak pasien diagnosis penyakit dari gigitan nyamuk Aedes aegypti tersebut.

Direktur Utama RSUD Ibnu Sina dr Soni menyampaikan bahwa hingga kemarin (13/1), terdapat delapan pasien DBD yang sedang dirawat. Dokter mantan wakil direktur keuangan RSUD itu menyebut, delapan pasien itu terdiri atas lima orang berusia dewasa dan tiga anak-anak.

’’Musim seperti ini memang harus lebih waspada karena genangan air sangat memicu nyamuk untuk berkembang biak. Karena itu, langkah utama untuk mencegah DBD ini adalah 3M,’’ ucapnya.

Untuk mengantisipasi itu, masyarakat pun mulai menerapkan 3M plus. Malahan, bukan hanya di rumah-rumah, para siswa SMAN 1 Kebomas juga ikut mengampanyekan pencegahan dengan menaburkan obat abate di tempat air.

Sadrina Pramesti, siswa kelas XII SMAN 1 Kebomas, menyebutkan, menaburkan abate ke kolam hingga bak di toilet itu merupakan inisiatif para siswa. Maklum, selain kegiatan di rumah, para siswa berjam-jam melakukan aktivitas di sekolah. Karena itu, para pelajar juga mesti melakukan antisipasi.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq




Close Ads