alexametrics

Direksi Sudah Dicopoti, Layanan PDAM Gresik Masih Bikin Sakit Hati

14 Januari 2022, 21:06:14 WIB

JawaPos.com- Jajaran direksi Perumda (dulu PDAM) Giri Tirta Gresik sudah dicopoti per 31 Desember 2021 lalu. Baik direktur umum (dirut), direktur teknik, maupun direktur umum. Pencopotan itu tidak lepas dari layanan buruk air bersih ke para pelanggan dalam setahun terakhir.

Per 1 Januari 2022, jajaran direksi telah dijabat para pelaksana tugas (plt). Sebagai plt dirut adalah Gunawan Setyadi (asisten II Sekda Pemkab Gresik), plt direktur umum dijabat oleh Widjajani Lestari (Kabag Perekonomian Pemkab Gresik), dan plt direktur teknik ditempati Patris Edhi Susanto (kepala cabang PDAM Gresik Kota).

Pergantian itu melambungkan ekspektasi warga bahwa akan ada perbaikan layanan. Namun, ternyata pergantian direksi di salah satu BUMD Pemkab Gresik itu tidak lantas membuat distribusi air membaik. Di sejumlah wilayah perkotaan, layanan tetap merah. Di antaranya di kawasan Perumahan Pondok Permata Suci (PPS), Kecamatan Manyar, dan sekitarnya. Sudah beberapa hari, ribuan pelanggan di wilayah itu tidak menikmati air dengan lancar.

Tak ayal, layanan buruk air bersih itu kembali menuai reaksi di kanal-kanal media sosial. ‘’Mosok dirute wes dipecat, air yang ngalir ke warga juga dipecat,’’ keluh salah seorang warganet.

Sebelumnya, pada 12 Januari, ada pemberitahuan dari manajemen Perumda Giri Tirta menuliskan permohonan maaf atas ketidaknyamanan sejak kemarin malam air baku produksi IPA Legundi di Kali Surabaya mengalami peningkatan NTU (tingkat kekeruhan) yang cukup tinggi. Sampai saat ini (13/1), masih belum menunjukkan penurunan yang signifikan.

Proses produksi pun ditambahkan dosis koagulan penjernih dan penambahan waktu pengendapan lebih lama. Proses distribusi dilakukan pengaturan jalur. Semoga secepatnya ada penurunan kekeruhan sehingga produksi dapat dimaksimalkan kembali. ‘’Nyatanya, hingga hari ini (14/1) tidak juga lancar. Kalaupun mengalir, malam hari. Itupun ngeliwir dan keruh,’’ kata Diah, salah seorang warga PPS.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son




Close Ads