alexametrics

Sudah Tiba 3.000 Dosis Vaksin Covid-19 di Gresik, Besok Penyuntikan

14 Januari 2021, 12:12:45 WIB

JawaPos.com – Ribuan dosis vaksin Covid-19 akhirnya benar-benar datang di Gresik. Dari jatah 5.905 dosis, pada pengiriman pertama Rabu (13/1) sudah tiba 3.000 dosis. Mulai besok (15/1) vaksin-vaksin itu disuntikkan ke sasaran prioritas.

Pengiriman vaksin tersebut tiba di Gedung Farmasi Kesehatan (GFK), Jalan dr Wahidin Sudirohusodo, pukul 13.30. Kendaraan pengangkut vaksin itu mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian. Terlihat dua mobil Brimob Polda Jatim mengiringi distribusi vaksin.

Setelah sampai di GFK, rombongan pengirim vaksin disambut Wabup Moh. Qosim, Kapolres AKBP Arief Fitrianto, Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) drg Syaifuddin Ghozali. ’’Vaksin yang datang baru 3.000 dosis. Kekurangannya didistribusikan pada minggu depan,’’ ujar Qosim.

Dia pun menyambut gembira kedatangan vaksin tersebut. Sebab, program vaksinasi itu merupakan salah satu ikhtiar mengakhiri pandemi Covid-19. Pemerintah berharap segenap lapisan masyarakat memberikan dukungan penuh. Yakni, siap divaksinasi sesuai ketentuan. Meski demikian, masyarakat tentu saja tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

Qosim menyatakan, dirinya sebetulnya sudah siap divaksin pertama bersama jajaran forkopimda. Namun, ternyata sesuai ketentuan pemerintah, yang bisa mengikuti vaksinasi itu adalah mereka yang berusia 18–50 tahun. ’’Jadi, saya tidak bisa ikut pertama karena terbentur usia. Nanti yang mengatur dinkes,” ucapnya.

Ghozali menambahkan, penyimpanan vaksin di GFK hanya bersifat sementara sambil menunggu refrigerator bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) datang.

’’Nanti kalau refrigerator itu sudah datang, vaksin disimpan di Puskesmas Alun-Alun sebagai posko vaksinasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, rencana vaksinasi di Gresik sebetulnya dimulai pada hari ini (14/1). Yakni, sehari setelah Presiden Joko Widodo dan beberapa tokoh di pusat divaksin kemarin. Namun, rencana itu diundur. Vaksinasi secara simbolis di Gresik dilaksanakan pada Jumat (15/1).

Seperti dilakukan pemerintah pusat, secara simbolis program vaksinasi di Gresik diawali 10 tokoh dan perwakilan unsur masyarakat. Tujuannya, semakin meyakinkan publik bahwa vaksin tersebut aman dan halal. Tokoh yang kali pertama divaksin, antara lain, Kapolres, Dandim, kepala dinkes, Plt Dirut RSUD Ibnu Sina, perwakilan IDI, serta perwakilan PPNI, MUI, NU, dan Muhammadiyah.

’’Mereka sudah kami skrining awal. Tapi, ketika hari pelaksanaan, kami skrining lagi sebelum divaksin,’’ ujarnya.

Baca Juga: Hanya Manjur 50,4 Persen, Singapura Masih Tunda Pakai Vaksin Sinovac

Rencana awal, vaksinasi secara simbolis itu dilaksanakan di kantor bupati. Namun, belakangan diubah di RSUD Ibnu Sina karena semua peralatan sudah siap. ’’Kalau di kantor pemkab, kan harus memindahkan peralatan. Nah, di RSUD kan semua sudah ready,’’ papar Ghozali.

Setelah perwakilan itu divaksin, lanjut dia, vaksinasi pada tahap I (Januari–April) menyasar para tenaga kesehatan dan TNI-Polri. Setelah itu, Mei dan seterusnya, giliran masyarakat umum. Vaksinasi tersebut akan dilakukan di 55 fasilitas kesehatan yang sudah siap. ’’Vaksin ini gratis,’’ tegasnya. 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : son/c7/hud


Close Ads