alexametrics

Dapat 59 Pertanyaan Terkait Memiles, Eka Deli Kembalikan Mobil

14 Januari 2020, 12:45:27 WIB

JawaPos.com – Eka Deli memenuhi panggilan Polda Jatim kemarin. Penyanyi kelahiran Surabaya itu diperiksa selama sembilan jam. Dia diberondong 59 pertanyaan atas dugaan keterlibatannya dalam kasus investasi ilegal Memiles.

Selama sembilan jam tersebut, Eka menjelaskan banyak hal. Dia mengaku diajak menjadi member dalam investasi yang diinisiasi PT Kam and Kam. Dia pun menyetujui untuk menjadi member.

Perkenalan tersebut berawal saat dia diundang menjadi bintang tamu dalam sebuah acara sosialisasi atau seminar Memiles. Acara seperti itu lazim diadakan untuk menggaet member-member anyar Nah, setelah itu, hubungan dengan tim struktur Memiles terus berlanjut. Dia pun diminta untuk mengajak pesohor atau figur publik lainnya menjadi bintang tamu dalam seminar-seminar yang diadakan Memiles. ”Iya, saya diminta menjadi tim pencari artis untuk mengisi acara di seminar-seminar,” katanya.

Menurut dia, penyidik cukup baik dan bersahabat. Meski, pertanyaan yang diberikan cukup banyak dan membutuhkan waktu yang lama. Alasannya, pertanyaan itu menghubungkan banyak hal. Dia juga menyampaikan bahwa sebagai warga negara yang baik, menjawab pertanyaan penyidik merupakan hal yang wajib. ”Saya diminta jadi perantara menghubungi artis. Ya, hanya itulah,” ucapnya.

Selain itu, dia mengaku telah mendapatkan reward sebagai member. Eka mendapatkan satu unit Toyota Fortuner. ”Mobilnya telah saya kembalikan. Sebagai warga negara yang baik, saya wajib mengembalikannya. Apalagi setelah ada masalah tersebut,” terang dia.

Eka juga menyangkal telah top-up ratusan juta rupiah sejak menjadi member Memiles. Ketika diwawancarai lebih lanjut, dia tidak pernah top-up di atas jumlah tersebut. ”Waduh, banyak banget, Nggak sampai Rp 500 juta. Rp 100 juta aja nggak ada kok,’’ terang dia.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyatakan bakal memberikan instruksi untuk menarik semua aset milik PT Kam and Kam. Setelah melihat langsung proses penyidikan, jenderal bintang dua itu mengungkapkan bahwa bukan hanya sejumlah artis atau pesohor yang diperiksa dan dimintai keterangan. Ada juga pihak-pihak lain yang dibidik tim penyidik. Contohnya, muncul fakta adanya mobil yang diberikan kepada salah seorang Kalapas. Nah, dari Kalapas tersebut ada empat mobil. ”Kami telusuri kembali karena itu sempat viral,” ucapnya.

Terkait reward untuk Eka Deli berupa mobil Fortuner, belum ada suratnya. Karena itu, mobil tersebut bisa diserahkan secara langsung oleh Eka kepada penyidik. ”Kasus ini sudah jelas konstruksi hukumnya. Silakan yang melakukan pembelaan atau apa pun silakan. Beberapa korban juga telah mengadu,” katanya.

Orang nomor satu di lingkungan Polda Jatim itu mengatakan, dengan adanya pengungkapan kasus ini, masyarakat bisa terselamatkan. Apalagi, perusahaan tersebut terus menebar mimpi yang berlebihan. Harapannya, yang masuk lingkaran itu tidak menjadi korban lagi. ”Saya harap mereka tidak bermimpi dengan hal yang tidak logis. Karena memang korban banyak dirugikan,” ucapnya.

Pada bagian lain, Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, tim penyidik menyita sebuah dokumen. Namun, dia enggan menyebutkan dokumen tersebut. Selain itu, satu unit mobil bakal tiba di Polda Jatim hari ini. Dugaan sementara, mobil tersebut merupakan milik Eka yang bakal disita tim Polda Jatim

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : den/c6/ady


Close Ads