alexametrics

Warga Usul Perubahan Nama Jalan, Raya Menganti Jadi Sawunggaling

13 Desember 2019, 19:31:59 WIB

JawaPos.com – Beban pansus raperda perubahan nama jalan bertambah. Pansus yang berisi anggota Komisi D DPRD Surabaya itu tidak hanya membahas perubahan nama jalan usulan pemkot. Warga juga ikut usul.

Ketua Pansus Perubahan Nama Jalan Khusnul Khotimah menunjukkan surat itu kepada Jawa Pos kemarin (12/12). Yang mengirim adalah Paguyuban Penita Budaya ”Lidah” Sawunggaling. Intinya, mereka mengusulkan agar Jalan Raya Menganti diubah jadi Jalan Sawunggaling. ”Mereka tak sepakat dengan usulan pemkot. Daripada Jalan Menganti diganti jadi M. Jasin, mereka lebih sreg jika dikasih nama Sawunggaling,” ujar Khusnul.

Pemkot ingin menempatkan nama Komjen Pol M. Jasin di Jalan Raya Menganti karena jasanya terhadap perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Jalan Raya Menganti yang lebar dan panjang dianggap pas sebagai penghormatan kepada komandan Tokubetsu Keisatsutai (Polisi Istimewa) Surabaya yang dijuluki Bapak Brimob Indonesia tersebut.

Namun, paguyuban yang berkantor di Lidah Wetan itu punya pendapat lain. Mereka merasa ruas Jalan Raya Menganti di Babatan dan Wiyung lebih cocok diberi nama Raden Sawunggaling. Mereka beralasan, Raden Sawunggaling lahir dan dibesarkan di daerah Menganti-Rawah Wiyung serta berjasa melawan penjajah.

Nama Jalan Sawunggaling sebenarnya sudah ada di Surabaya. Namun, panjangnya cuma 60 meter. Letaknya pun di Tegalsari, bukan di Lidah Wetan. Warga berharap nama jalan tersebut bisa dipindahkan ke dekat pesarean Raden Sawunggaling.

Khusnul menampung usulan tersebut. Dia juga akan memanggil perwakilan paguyuban tersebut. Selain itu, dia akan mengundang para pakar dan sejarawan dalam mengambil keputusan. ”Untuk urusan sejarah, kami serahkan ke pakarnya nanti,” kata dia.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : sal/c6/tia


Close Ads