alexametrics

Angin Kencang Terjang Bulak Surabaya, 5 Rumah Rusak

13 Desember 2019, 17:20:20 WIB

JawaPos.com – Angin kencang melanda kawasan Kecamatan Bulak, Kamis sore (12/12). Kecepatannya diperkirakan lebih dari 16 knot. Akibat kejadian itu, 4 rumah kehilangan atap dan 1 rumah rusak karena tertimpa tiang listrik yang ambruk.

Awan hitam tebal terlihat bergerak dari timur menuju barat. Sekitar pukul 15.00 angin kencang berembus. Rumah di kawasan pantai terkena imbasnya terlebih dulu.

Embusan angin kencang itu membuat atap rumah terbang dari tempatnya. ’’Ada empat rumah yang atapnya hilang tertiup angin,” ujar Tri Sulistiowati, salah seorang warga. Rumah tersebut berada di Sukolilo Baru Gang 3. Karena terbuat dari eternit, atap gampang lepas Angin kencang juga mengakibatkan satu tiang listrik di Kelurahan Kedung Cowek ambruk. Nahas, tiang itu menimpa sebuah rumah. Tiang lain juga sudah miring. Kejadian tersebut membuat aliran listrik dipadamkan untuk sementara waktu. Menunggu perbaikan selesai.

Camat Bulak Budi Hermanto mengatakan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pegawai kecamatan setempat. Termasuk PLN untuk menangani tiang listrik yang roboh. ’’Petugas dari kelurahan, satpol PP, dan linmas langsung ke lokasi membantu warga,” ujarnya.

Budi mengungkapkan, dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa. Kerugian hanya berupa materi. ’’Untuk perbaikan rumah seperti apa, nanti dikoordinasikan lagi,” terangnya.

Sementara itu, prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Adi Hermanto mengatakan, pihaknya memantau adanya awan kumulonimbus di Surabaya Timur. Awan tersebut memang berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. ’’Juga berpotensi menimbulkan angin kencang,” jelasnya.

Dia menambahkan, warga harus waspada saat melihat awan seperti itu. ’’Kalau melihat awan seperti kembang kol, warga harus berhati-hati. Hal itu bisa memicu embusan angin yang kencang,” ujarnya.

Adi memastikan, kejadian yang menimpa Kecamatan Bulak hanya berupa angin kencang. Bukan angin puting beliung. ’’Kecepatannya di atas 16 knot,” jelasnya

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c7/git


Close Ads