alexametrics

Smelter Freeport di Gresik Diklaim yang Terbesar di Dunia

13 Oktober 2021, 20:05:58 WIB

JawaPos.com–Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendukung pembangunan instalasi pemurnian dan pengolahan atau smelter tembaga PT Freeport Indonesia, di Kabupaten Gresik. Pembangunan itu dirasa menjadi angin segar bagi aktivitas dunia industri di Jawa Timur.

Selain itu, smelter tembaga menjadi kado hari jadi Provinsi Jawa Timur Ke-76. ”Tentu ini adalah hadiah yang luar biasa persis saat HUT Jawa Timur,” ujar Khofifah, Rabu (13/10).

Peresmian groundbreaking smelter dilaksanakan Selasa (12/10), bertepatan dengan tanggal hari jadi Provinsi Jatim. Acara itu dihadiri Presiden Joko Widodo.

”Kemarin pada hari jadi Provinsi Jawa Timur, kita mendapatkan hadiah luar biasa dengan perkenan Bapak Presiden Republik Indonesia melakukan groundbreaking, PT Freeport Indonesia yang membangun smelter,” kata Khofifah.

Smelter tersebut dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik. Khofifah mengklaim tempat tersebut akan menjadi yang terbesar di dunia. Dalam proses pengerjaan konstruksi smelter tembaga, diperkirakan mampu menyerap hingga 40 ribu tenaga kerja.

”Total investasi Insya Allah Rp 42 triliun,” terang Khofifah.

Smelter Freeport di Gresik tersebut memiliki kapasitas pengolahan 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Sedangkan desain pembangunannya menggunakan single line.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads