alexametrics

36 Feeder Siap Beroperasi di Surabaya Tahun Depan

13 Oktober 2021, 20:17:36 WIB

JawaPos.com–Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat memastikan Pemkot Surabaya akan menambah kembali armada feeder. Total sebanyak 36 unit yang direncanakan beroperasi tahun depan.

Sebanyak 36 unit feeder tersebut akan diuji coba menggunakan angkutan Kota Surabaya yaitu lyn V, DA, dan O. Itu untuk memudahkan masyarakat yang ingin naik Suroboyo Bus terkoneksi ke shelter terdekat.

”Ada tiga rute, V, DA, dan O, yang demand-nya tinggi dan ketua lyn sudah setuju dan sesuai dengan program rerouting (pengaturan ulang rute) kita karena saat ini tidak semua angkutan relevan dengan perkembangan kota,” kata Irvan, Rabu (13/10).

Dalam tahap awal sosialisasi keberadaan feeder, Dishub yang akan menciptakan pilot project sebelum kemudian dilakukan skema buy the service (BTS).

Sistem buy the service (BTS) yang digagas Kementerian Perhubungan adalah sistem pembelian pelayanan oleh pemerintah kepada pihak operator angkutan umum. Sehingga kualitas pelayanan angkutan umum khususnya angkutan perkotaan dapat ditingkatkan.

”Sementara kami yang memberi contoh, kan ada Suroboyo Bus. Kita memberikan layanan, kita adakan dulu juga armadanya seperti HiAce. Nanti kita lelang kalau sudah jalan demand-nya berapa, pendapatannya berapa, SOP seperti apa. Langkah berikutnya adalah skema BTS,” ujar Irvan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads