alexametrics

10 Komunitas Gelar Upacara 17 Agustus di Perairan Sontoh Laut

13 Agustus 2019, 21:05:20 WIB

JawaPos.com – Pesona matahari terbit, hutan mangrove, dan kecantikan burung bangau putih menjadi daya pikat kawasan Sontoh Laut di Kecamatan Asemrowo. Sebagai bentuk dukungan program pengembangan wisata, 10 komunitas di Kota Pahlawan bakal mengadakan upacara di laut pada 17 Agustus mendatang. Mereka bakal naik 21 perahu untuk menyisir sungai.

Rencana aksi itu dimatangkan kemarin (12/8). Beberapa instansi hadir di Tambat Labuh Sontoh Laut untuk berdiskusi tentang pengembangan pesisir Asemrowo. Mulai perwakilan Linmas Surabaya, dinas ketahanan pangan dan pertanian (DKPP), kepolisian, TNI, perangkat kecamatan, Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, hingga nelayan.

Camat Asemrowo Bambang Udi Ukoro menjelaskan, diskusi tersebut sengaja digelar untuk sosialisasi dan menjaring aspirasi nelayan. Mereka diajak berpikir terkait konsep wisata ke depan. Termasuk usulan apa saja yang dimiliki masyarakat.

’’Semua sepakat untuk pengembangan wisata. Tentu, ada beberapa penataan yang perlu dilakukan,’’ katanya. Menurut dia, kawasan dermaga akan ditata lagi. Terutama terkait parkir perahu milik nelayan.

Dia menuturkan, saat ini ada beberapa infrastruktur dan sarana wisata yang masih kurang. Selain perlunya peremajaan kapal, akses masuk ke dermaga perlu diperlebar. ’’Kami tidak saja berkoordinasi dengan pemkot. Nanti, masyarakat mencoba berkomunikasi dengan swasta,’’ tambahnya.

Kasubbid Evaluasi Bidang Evaluasi, Penelitian, dan Pengembangan Bappeko Surabaya Alfian Chasanal menjelaskan, bappeko telah mempelajari keunggulan Sontoh Laut. Sejauh ini, potensi wisatanya memang ada. ’’Soal usulan, kami akan melihat apakah permintaan masyarakat sinkron dengan program pemerintah,’’ katanya.

Rencana menjadikan Dermaga Tambat Labuh Sontoh Laut sebagai destinasi wisata muncul dari keinginan warga setempat. Selain keberadaannya yang vital, pengembangan wisata diharapkan mendorong kehidupan nelayan. Berdasar catatan kelurahan, ada ratusan orang yang sudah mendaftar untuk berkunjung dan menyisir sungai hingga akhir Agustus

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : hen/c13/nor



Close Ads