alexametrics

Tujuh Sapi Milik Peternak Asal Gresik Ini Mati Terjangkit PMK

13 Mei 2022, 06:30:45 WIB

JawaPos.com- Hari-hari ini Sulaiman tengah mendapat ujian berat. Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang sapi, membuat peternak asal Desa Randupadangan, Kecamatan Menganti, Gresik itu kelimpungan. Maklum, sudah tujuh sapi miliknya yang mati dalam dua hari terakhir.

Entah ujian itu sampai kapan. Yang pasti, saat ini masih terlihat banyak sapi seolah tak bertenaga. Mengangkat kepala pun tidak bisa, apalagi berdiri. Sulaiman pun hanya dapat menaruh asa besar, wabah PMK itu bisa segera berlalu. Pemerintah terus bergerak menanggulangi.

Dua hari lalu, Sulaiman terpaksa menjual tiga ekor sapi miliknya. Dia was-was sapi-sapi itu malah mati sia-sia. Seperti sapi miliknya yang mati pada Selasa kemarin. “Kemarin, satu saya pertahankan, saya obati, dan diberi ramuan gula dan garam, akhirnya mati juga,” ucapnya.

Di kandang milik Sulaiman, hingga kemarin siang tinggal 12 sapi dewasa, 9 sapi anakan, dan 3 sapi remaja. Namun, dari sapi-sapi itu praktis tidak ada satupun yang tampak bugar. Hanya dua sapi yang masih mampu berdiri. Itupun wajahnya terlihat pucat.

Melego tiga sapi itu, sebetulnya juga pilihan berat bagi Sulaiman. Bak menelan buah simalakam. Betapa tidak, harganya sangat anjlok. Namun, jika tetap dipertahankan, dia khawatir ternak itu tumbang. Upaya yang dilakukan pemerintah, rupanya belum cukup menjadi obat penenang perasaan hatinya.

“Harga sapi yang telah saya jual itu belum tahu berapa. Sebab, saya belum menerima uangnya. Tapi, sudah dipotong,” katanya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : Galih Wicaksono

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads