alexametrics

Siagakan 21 Ambulans untuk Bantu Warga Surabaya

13 Mei 2022, 10:48:20 WIB

JawaPos.com – Layanan kedaruratan untuk membantu warga turut didukung oleh armada yang mumpuni. Selain dari dinas kesehatan dan PMI, ketersediaan ambulans untuk mobilitas layanan juga didukung oleh dinas sosial (dinsos). Total ada 21 ambulans yang dioperasikan oleh OPD tersebut.

One Soeryo dan Eddy Kurniawan tampak mengecek setiap armada ambulans yang terparkir di sisi timur gedung Convention Hall Arief Rahman Hakim. Sebab, deretan mobil itu harus siap berangkat kapan pun dikomando. Mereka adalah driver ambulans yang stand by untuk memberikan pelayanan.

”Komando kami dapat dari Command Center 112 dan pusat komando dinas sosial. Kapan pun, di mana pun kami harus siap berangkat,’’ ujar One.

Dia mengatakan, di sana ada 40-an driver yang bertugas. Mereka dibagi dalam tiga sif jaga. Mereka siap sedia melayani 24 jam. Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Surabaya Aswin Agung Raharja menyatakan, penyediaan ambulans itu merupakan upaya untuk memberikan pelayanan bagi warga. Baik untuk keperluan medis seperti mengantar kontrol warga maupun penanganan jenazah.

”Ada 21 unit ambulans yang kami miliki untuk layanan ini. Yakni, 11 unit khusus untuk jenazah dan 10 unit untuk umum,’’ katanya.

Dia menyebut semua layanan yang disediakan gratis bagi warga Surabaya. Jika membutuhkan, mereka tinggal menghubungi CC 112 atau komando dinsos di 082222209347. Syaratnya, cukup menunjukkan KTP atau KK Surabaya atau KTP penanggung jawab klien.

Pelayanannya khusus area Surabaya. Juga tujuannya berada di wilayah Surabaya. Sesuai standar pelayanan, ambulans datang 15 menit ke lokasi yang dituju. ”Saat ini rata-rata tim kami menerima 10– 20 panggilan pelayanan,’’ ujar Aswin.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads