alexametrics

Respons Keluhan Warga, Dishub Surabaya Pasang PJU di Babat Jerawat

13 Mei 2022, 23:33:09 WIB

JawaPos.com- Keluhan warga RW 6, Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal, Surabaya, terkait kondisi jalan kampung yang gelap ketika malam akhirnya mendapat solusi. Dinas perhubungan (dishub) sudah menyiapkan anggaran untuk pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU).

Hal itu tercantum dalam rencana umum pengadaan (RUP) dishub tahun anggaran 2022. Sudah ada anggaran sekitar Rp 200 juta yang disiapkan. ’’Itu realisasi hasil musrenbang (musyawarah rencana pembangunan, Red),” ujar Camat Pakal Tranggono Wahyu Wibowo kemarin (12/5).

Dalam musrenbang kelurahan, warga setempat memang mengeluhkan terkait kondisi jalan kampung yang gelap. Pengadaan secara swadaya dirasa belum bisa dilakukan karena bakal memberatkan masyarakat. Karena itu, usulan untuk menambah PJU di RW 6, Kelurahan Babat Jerawat, dimasukkan ke dalam musrenbang. ’’Itu domainnya dishub,” kata Tranggono.

Secara terpisah, Kepala Dishub Kota Surabaya Tundjung Iswandaru menjelaskan, berdasar sistem organisasi dan tata kerja (SOTK) yang baru, PJU menjadi domain perhubungan. Karena itu, usulan tersebut masuk ke dinasnya. ’’Sebelumnya di DKRTH yang sekarang dilebur jadi satu di DLH,” paparnya.

Tundjung memastikan penambahan PJU tersebut akan direalisasikan tahun ini. Dengan demikian, warga tidak lagi mengeluhkan jalanan yang gelap ketika malam hari. ’’Ini ada beberapa wilayah memang yang mengusulkan PJU. Baik di jalan kampung maupun di makam. Ya nanti bertahap,” jelasnya.

Perbaikan dan pemasangan PJU kini menjadi wewenang dishub setelah pada periode sebelumnya menjadi kewenangan DKRTH. PJU menjadi salah satu prioritas untuk meningkatakan keamanan dan kenyamanan pengendara dan pemakai jalan lainnya. selain itu, untuk menekan angka kriminalitas di jalanan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : adi/c17/ady

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads