alexametrics

Kurikulum Merdeka Belajar dengan Membudidayakan Ikan Lele

13 Mei 2022, 23:39:46 WIB

JawaPos.com- Budi daya ikan dalam ember (budikdamber) dilakukan siswa SDN Kaliasin I. Cara itu dipilih tidak hanya untuk bereksperimen, tapi juga mewujudkan merdeka dalam belajar. Termasuk membangkitkan jiwa sosial siswa.

Ratusan ikan lele ditempatkan dalam sebuah ember. Bagian atasnya juga ditambahkan kangkung yang ditanam secara akuaponik. ’’Butuh dua bulan ikan untuk bisa dipanen,’’ ucap Callysta Kusuma Azalia, inisiator budikdamber.

Tita –sapaan akrabnya– menuturkan, siklus budidakmber itu menarik. Bukan hanya budi daya lele, melainkan juga pengolahan limbah. Pakan lele menggunakan maggot. Nah, maggot itu diberi makan dari limbah organik bekas hotel.

Konsep akuaponik dibuat dengan memanfaatkan kandungan lele. Lendir lele membuat kangkung tumbuh subur. Dengan begitu, sistem tersebut bisa menghasilkan dua produk sekaligus. Termasuk penanganan limbah organik. ’’Syaratnya, lele boleh dikasih maggot jika panjangnya sudah 15 sentimeter,’’ kata siswa kelas III tersebut.

Kepala SDN Kaliasin I Sastro mengatakan, siswa tidak hanya belajar bagaimana lele bisa hidup. Tapi, juga berpikir bagaimana membuat olahan lele pascapanen. ’’Nanti bisa diolah juga untuk nuget dan sosis lele atau lainnya,’’ jelasnya.

Selain itu, pada diri siswa ditanamkan jiwa sosial terhadap sesama. Karena itu, hasil panen juga dibagikan kepada wali murid. Artinya, siswa bisa menerapkan hasil belajar secara nyata di lingkungan meskipun ranahnya masih di dalam sekolah. Dengan demikian, merdeka dalam belajar bisa diwujudkan. 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c7/ai

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads