alexametrics

Cegah Stunting, Sidoarjo Terjunkan Ribuan Kader Pendamping Keluarga

13 Mei 2022, 22:22:06 WIB

JawaPos.com- Perhatian Pemkab Sidoarjo terhadap tumbuh kembang anak di Sidoarjo antara lain diwujudkan dengan menerjunkan Tim Pendamping Keluarga (TPK). Target utamanya, pencegahan stunting. Sebanyak 1.604 pendamping siap turun langsung ke masyarakat.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dan Wabup Subandi menghadiri apel siaga para pendamping tersebut di Pendapa Delta Wibawa kemarin (12/5). Muhdlor mengarahkan agar para pendamping berperan aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya gizi pada anak.

Bahkan, para pendamping bisa jadi penyuluh bagi warga untuk mencegah pernikahan dini. Sebab, salah satu penyebab stunting adalah menikah pada usia dini.

”Pastikan calon pengantin mengikuti pendampingan sebelum nikah,’’ katanya. Dengan demikian, mereka punya bekal pemahaman kesehatan keluarga. Sebagai dukungan,

Muhdlor menyebut TPK bisa bekerja sama dengan kader lainnya yang juga perhatian dalam kesehatan keluarga. Misalnya, kader posyandu, kader keluarga berencana, dan lainnya.

Nah, peran kader bakal optimal saat memiliki data terkait stunting. Antara lain, data penyebab stunting di Sidoarjo. ”Ini butuh riset, terkait apa karena kurang gizi, kebersihan, air, dan lainnya,’’ katanya. Nanti badan perencanaan pembangunan daerah (bappeda) akan bertanggung jawab dalam riset tersebut.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c6/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads