alexametrics

Usai Salat Idul Fitri, Khofifah Prihatin Ledakan Petasan di Jatim

13 Mei 2021, 10:49:05 WIB

JawaPos.com–Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) pada Kamis (13/5). Khofifah yang hadir mengenakan setelan pakaian serba putih itu datang pada pukul 05 kurang 15 menit.

Di MAS, jamaah benar-benar diminta untuk menjaga prokes. Mereka hanya bisa masuk bila menunjukkan karti identitas yang didapat melalui proses pendaftaran sejak 3 hari lalu. Menurut Khofifah, MAS bisa menjadi percontohan masjid dengan penanganan prokes ketat.

”Dari awal diperkirakan proses salat, takbir pertama itu 30 menit. Tadi 20 menit. Khotbah kurang dari 9 menit yang diharapkannya 10 menit. Upaya salat Idul Fitri khusyuk khidmat dalam waktu singkat tanpa mengurangi kekhusyukan dan kekhidmatan,” tutur Khofifah.

Salah satu program yang diapresiasi adalah membawa kantung untuk alas kaki sendiri. Biasanya, pengunjung akan berkerumun untuk mencari sandal. Karena sudah membawa tas sendiri, tidak ada kerumunan.

”Alas kaki dibawa sendiri. Sudah dibungkus di saf masing-masing. Ini mengurai kerumunan mencari sandal. Ini nggak ada karena diinformasikan bawa tas untuk menyimpan alas kaki di saf masing-masing. Ini harapannya jadi referensi berikutnya karena salat Jumat potensial ada kerumunan penyebaran Covid-19,” terang Khofifah.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads