alexametrics

Potret Keberagaman, Salat Idul Fitri di Masjid di Samping Gereja

13 Mei 2021, 11:11:13 WIB

JawaPos.com–Lima rumah ibadah berjajar berdampingan di Royal Residence, Kecamatan Wiyung Surabaya. Di sepanjang jalan, terdapat Masjid Muhajirin, Vihara Buddhayana Royal, Kapel Santo Yustinus, Klenteng Delapan Kebajikan, dan Pura Sakti Raden Wijaya.

Pada perayaan Idul Fitri 1442 H pada Kamis (13/5), Masjid Muhajirin menyelenggarakan salat Idul Fitri. Sejak pukul 05.30, warga sekitar sudah memadati lingkungan masjid.

Pukul 06.15, salat dimulai. Di masjid berlantai 2 itu, ratusan jamaah melaksanakan salat. Tidak seperti masjid biasanya yang menyelenggarakan hingga ke bagian luar, masjid ini hanya menyediakan bagian dalam untuk pelaksanaan salat.

Salah satu pengurus mengatakan, di masjid yang bersebelahan dengan vihara itu, salat Idul Fitri selalu dilakukan pada masa pandemi. ”Tahun lalu kami juga mengadakan. Dengan prokes ketat karena jamaah adalah warga perumahan di sini,” tutur pengurus itu.

Dia mengaku senang dengan tempat ibadah yang berderet itu. Sebab, bisa mengajarkan kebersamaan dalam keberagamaan bagi warga. ”Ada 250 jamaah. Karena masih pandemi, kami menerjunkan petugas tambahan,” ujar dia.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads