alexametrics

Selama 12 Hari, Pendapatan Parkir di Sidoarjo Cuma Dapat Rp 70 Juta

13 Januari 2022, 16:38:17 WIB

JawaPos.com– Lelang pengelola parkir di Sidoarjo molor. Target awal, pemenang diketahui pada 23 Desember 2021 lalu. Namun, karena ada proses sanggah dari peserta prakualifikasi, seleksi pun diulang. Jika sebelumnya ditentukan dua peserta yang lolos, setelah proses sanggah, berubah jadi tiga peserta yang bakal masuk lelang terbuka pada 19 Januari 2022.

”Total ada delapan calon mitra yang awalnya bersaing. Setelah molor karena beberapa ada yang menyanggah, kini mengerucut tinggal tiga calon mitra. Tanggal 19 Januari mereka akan lelang terbuka,” jelas Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo Bambang Pujianto.

Kepala Dishub Sidoarjo Benny Airlangga menyebutkan, tiga calon pengelola parkir yang bersaing dalam lelang parkir terbuka itu adalah PT Indonesia Sarana Servis-KSO, PT Piramida Teknologi Informasi, dan Inkoppol-Prasetia Dwidharma.

Seusai lelang terbuka, dilanjutkan dengan membuat draf perjanjian kerja sama (PKS) dengan mitra terpilih pada 21 Januari dan 24 Januari berlanjut ke persetujuan DPRD Sidoarjo. Meskipun molor dari jadwal, target pendapatan dari retribusi parkir tetap sama, yakni Rp 20,4 miliar. Karena belum berjalan, parkir pada Januari ini masih menggunakan karcis manual.

Bambang menjelaskan, pengelolaan parkir di Sidoarjo efektif bakal dilakukan Februari jika melihat jadwal yang dipaparkan Benny. Di masa kekosongan pengelolaan ini, menurut dia, Pemkab Sidoarjo tidak boleh membiarkan pendapatan retribusi bocor. ”Harusnya, kalau targetnya sama di Rp 20,4 miliar, Dishub Sidoarjo di bulan ini minimal bisa meraup Rp 1,4 miliar,” katanya.

Namun, hingga kemarin (12/1) capaian pendapatan dari retribusi parkir selama 12 hari (1 sampai 12 Januari) hanya Rp 70 juta. Karena itu, Bambang berharap penanganan pengelolaan parkir di Sidoarjo bisa segera berjalan. Sebab, selain jadi penyumbang pendapatan daerah, juga agar layanan perparkiran di Sidoarjo lebih baik.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c9/any

Saksikan video menarik berikut ini: