alexametrics

Cuaca Buruk Lagi, Kapal Barang dan Penumpang Mandek Berlayar

13 Januari 2022, 20:12:49 WIB

JawaPos.com- Cuaca buruk kembali terjadi di wilayah perairan Gresik. Akibatnya, kapal layar motor (KLM) hingga kapal cepat berhenti beroperasi karena muncul peringatan gelombang tinggi. Hal itu diperkirakan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Menurut keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Tanjung Perak, Surabaya, peringatan gelombang tinggi wilayah perairan Jawa Timur berlaku mulai Rabu (12/1) hingga Sabtu (15/1).

Gelombang kategori tinggi 2,5 sampai 4,0 meter itu dapat terjadi di utara Laut Jawa dan selatan Bawean. Sementara itu, kategori sedang dengan tinggi gelombang 1,25 sampai 2,5 meter dapat terjadi di perairan Gresik–Surabaya.

Petugas perwakilan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik Suncoko menyatakan, ada beberapa kapal layar motor (KLM) yang berhenti beroperasi dan masih menunggu cuaca membaik. Tampak di Pelabuhan Gresik dipenuhi kapal-kapal yang bersandar.

’’Sekitar 60 KLM kami stop. Sebab, kalau memang dari data BMKG cuaca buruk, ya kami stop operasi pelayaran kapal di pelabuhan,’’ ucapnya.

Hendro Cahyono, petugas KSOP II Gresik, menambahkan, mayoritas KLM yang berhenti beroperasi sementara itu akan berlayar ke Pelabuhan Kalimantan. Mulai kayu bongkar hingga logistik. ’’Yang dimuat kebanyakan pupuk dan logistik,’’ ucapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq




Close Ads