alexametrics

Bulan Depan Bagi-Bagi Beasiswa Rp 47,8 M untuk Pelajar SMA Sederajat

13 Januari 2022, 20:03:21 WIB

JawaPos.com- Program bagi-bagi beasiswa bagi pelajar SMA sederajat dimulai bulan depan. Sebelum bantuan pendidikan itu resmi dikucurkan, ada beberapa PR yang harus dibereskan dinas sosial (dinsos) serta dinas kebudayaan kepemudaan dan olahraga (disbudporapar). Salah satunya sinkronisasi berapa data siswa yang masuk dalam keluarga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sasaran penerima beasiswa itu adalah siswa SMA, SMK, SMKLB, madrasah aliyah (MA), dan madrasah aliyah kejuruan (MAK) yang berstatus MBR. Anggaran yang disiapkan Pemkot Surabaya cukup besar. Nilainya mencapai Rp 47,783 miliar. Seluruhnya berasal dari APBD 2022.

Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah mengungkapkan, pada tahap awal, penerima beasiswa sebanyak 13.000 siswa. Mulai SMA, SMK, SMKLB, MA, dan MAK. ”Namun, saat rapat kemarin (12/1), dinsos menyampaikan calon penerimanya 8.730 siswa,” tuturnya.

Perbedaan data itu menjadi perhatian Komisi D DPRD Surabaya. Khusnul meminta dinsos, disbudporapar, serta Kemenag Surabaya segera berkoordinasi. Menyinkronkan data. Jangan sampai ada siswa MBR yang terlewat menerima bantuan pendidikan tersebut.

”Saya mendorong beasiswa sudah bisa dirasakan bulan ini atau bulan depan,” tegasnya.

Selain data, lanjut Khusnul, perlu ada peraturan wali kota (perwali). Regulasi itu digunakan untuk mengatur teknis pemberian beasiswa. Nah, proses penyusunan perwali tersebut harus dikebut. Maksimal tuntas pekan depan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : sam/c17/aph




Close Ads