alexametrics

Terima 8 Boks Vaksin, Pemkot Surabaya Siap Vaksinasi 1 Juta Warga

13 Januari 2021, 14:00:17 WIB

JawaPos.com–Sebanyak 15 ribu vaksin telah diterima Pemkot Surabaya dan disimpan di gedung Farmasi Kesehatan, Kalirungkut, Surabaya pada Rabu (13/1).

Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, vaksin yang datang baru setengah dari total alokasi keseluruhan untuk Kota Surabaya.

”Total yang kita terima ada 33.420. Hari ini (13/1) yang datang baru 15 ribu. Nanti Dinkes Provinsi Jatim, distribusikan vaksin Covid-19 kembali pada 22 Januari,” tutur Febria Rachmanita.

Febria menjelaskan, vaksin yang sudah datang akan melalui proses penyimpanan dalam cold room dengan suhu tertentu sesuai standar. Distribusi tersebut sejatinya disiapkan untuk vaksinasi pertama pada Jumat (15/1).

”Hari ini yang datang ada 8 boks. Tiap boks ada 1.900 vaksin,” terang Febria Rachmanita.

Untuk tahap dan teknis vaksin, Febria mengatakan, sudah mendaftarkan 1 juta 190 warga. Data tersebut sesuai Dispenduk. Pada tahap pertama, prioritas penerima vaksin adalah petugas kesehatan.

”Tenaga kesehatan yang bekerja menangani Covid-19 ada 33.023 orang. Mereka masuk tahap pertama untuk nakes. Selain itu, termasuk penerima pertama vaksin Covid-19 adalah sejumlah pejabat dan unsur forkopimda,” ujar Febria Rachmanita.

Mereka di antaranya, Plt Wali Kota Surabaya, Forkopimda provinsi, Kajari Perak, dan Polrestabes Surabaya. ”Setelah forkopimda, baru tenaga kesehatan. Mereka akan mendapatkan SMS dari pusat untuk registrasi ulang. Di dalam registrasi itu, nakes bisa memilih tempat vaksin dan jam berapa menerima,” tutur Febria Rachmanita.

Ketika ditanya soal kebijakan Dinkes atas dokter berdomisili non Surabaya namun kerja di Surabaya, Febria Rachmanita menegaskan, mereka akan tetap masuk dalam daftar penerima.

”Dilihat berdasar tempat kerja,” kata Febria Rachmanita.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika


Close Ads