alexametrics

Awasi Perbuatan Mesum, Rutan Kelas I Surabaya Tambah CCTV

Juga Cegah Selundupan Sajam dan Handphone
13 Januari 2020, 20:53:24 WIB

JawaPos.com –Sistem keamanan Rutan Kelas I Surabaya diperkuat. Sebanyak 20 kamera CCTV dipasang di area blok dan lingkungan penjara. Itu ditujukan untuk mengurangi jumlah barang selundupan berupa sajam dan handphone. Termasuk perbuatan mesum.

Sebanyak 20 kamera pemantau tersebut diletakkan di blok G, H, D, E, W, serta beberapa tempat seperti menara dan selasar. Sebelumnya ada 16 kamera CCTV. Dengan begitu, total kamera di Rutan Medaeng mencapai 36 buah. ’’Kami memasangnya secara bertahap dari seminggu terakhir,’’ ucap Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kelas I Surabaya Andi Surya Nasution.

Dia menambahkan, tampilan kamera tersebut dipantau dari tiga tempat. Yakni, ruang kepala rumah tahanan (Karutan), KPR, dan ruang pelayanan tahanan. Meski begitu, dia mengatakan bahwa jumlah tersebut masih kurang. Sebab, dalam satu blok hanya ada 2–3 kamera CCTV.

Saat ini kamera tersebut tidak dapat memantau secara jelas di setiap sel di blok. Masalahnya, dalam satu blok terdapat 16–10 sel. Karena itu, titik pantau kurang maksimal. Untuk mengatasinya, kata Andi, tim masih sering melakukan razia. Nah, razia itu bukan hanya blok aula, melainkan juga sel blok.

Dia menambahkan, bukan hanya keamanan terkait dengan benda selundupan yang diawasi. Kamera itu juga memantau pergerakan sejumlah pengunjung saat jam kunjungan dibuka. Hal itu dapat membantu petugas untuk mengetahui perbuatan yang mencurigakan. Misalnya, berbuat mesum saat kunjungan. ’’Jadi, tim pemantau CCTV bisa langsung berkomunikasi dengan petugas yang berjaga,’’ ungkapnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : den/c19/eko


Close Ads