alexametrics

Anggaran Pemeliharaan Jembatan Suramadu Rp 96 Miliar

13 Januari 2020, 21:02:59 WIB

JawaPos.com – Perawatan Jembatan Suramadu segera dilakukan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII. Tahun ini anggaran pemeliharaan mencapai Rp 96 miliar. Jauh lebih besar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Rp 54 miliar.

Banyaknya komponen peralatan jembatan menjadi faktor penyebab kenaikan biaya pemeliharaan. Pengerjaan berlangsung secara bertahap. Sedikitnya ada enam komponen yang menjadi prioritas utama dalam pemeliharan tersebut. Di antaranya, pengaspalan jalan, kemudian pergantian bearing pad atau karet bantalan jembatan.

’’Namun, di antara enam komponen, ada dua yang paling diprioritaskan. Yakni, pemeliharaan tiang pancang Jembatan Suramadu dan pergantian lampu PJU,’’ kata Kabid Preservasi dan Peralatan BBPJN VIII Sodeli.

Meski begitu, komponen peralatan lain tetap dirawat secara maksimal. Prioritas pemeliharaan yang dimaksud adalah pengerjaan yang didahulukan. Pengerjaan sebenarnya berjalan sejak akhir 2019. Pergantian lampu PJU, misalnya. Sebanyak 200 lampu PJU di sepanjang Jembatan Suramadu diganti dari bohlam ke LED solar panel (tenaga matahari).

’’Di antara 200 PJU, 98 lampu telah diganti menggunakan LED solar panel,’’ ujarnya.

Selain itu, pemeliharaan tiang pancang jembatan segera dilakukan. Terutama pada bagian di bawah jembatan. Terjangan air laut serta banyaknya lumut dan kerang yang menempel pada tiang pancang dikhawatirkan membuat kondisi fisik bangunan berkarat dan keropos. Tentu saja kondisi tersebut sangat membahayakan. Karena itu, pemeliharaan harus segera dilakukan dan tidak menunggu kerusakan parah. Saat ini pendataan berjalan.

Namun, Sodeli menjelaskan bahwa hujan deras yang kerap melanda Surabaya beberapa hari terakhir ini membuat pengerjaan tidak berjalan maksimal. Sebab, sangat berbahaya sekali jika petugas memaksakannya. Tidak mau mengambil risiko, dia memutuskan pengerjaan baru bisa dilakukan saat cuaca cerah.

Begitu pun pemeliharaan sarana-prasarana lain. Misalnya, pengaspalan jalan, pergantian bearing pad, pengecatan pagar pembatas, dan perbaikan rambu-rambu lalu lintas. ’’Baru bisa berjalan maksimal ketika cuaca mendukung,’’ tuturnya.

Saat ini pengadaan seluruh barang dan jasa dilakukan. Jadi, nanti tinggal pengerjaan. Sebab, semua perlengkapan yang diperlukan sudah tersedia. ’’Nanti, jika ada perlengkapan yang masih kurang, kami tinggal melengkapinya sesuai dengan kebutuhan,’’ tandasnya.

Pemeliharaan Jembatan Suramadu Tahun 2020

Pergantian lampu PJU dari bohlam menjadi LED dengan menggunakan solar cell

Pemeliharaan tiang pancang jembatan

Perbaikan rambu lalu lintas dan traffic light

Pengecatan besi pembatas jalan

Pengaspalan jalan

Pergantian karet bantalan jembatan

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ian/c14/nor


Close Ads