alexametrics

Lupa Meng-Hand Rem, Pengemudi Truk Tewas Terjepit Kendaraannya Sendiri

12 Desember 2019, 10:48:35 WIB

JawaPos.com – Nasib naas menimpa Yasin Isnawan. Pria berusia 41 tahun tersebut tewas terjepit kendaraannya sendiri. Berdasar hasil pemantauan CCTV, peristiwa itu bermula ketika Yasin memarkirkan truk trailer L 8103 UQ di lokasi pergudangan PT Indra Jaya Swastika, Jalan Kalianak No 57A, pukul 11.45 kemarin (11/12).

Kendaraan terparkir tepat di samping tumpukan peti kemas di area pergudangan. Jarak antara truknya dan peti kemas itu sangat tipis. Kurang dari 20 sentimeter. Kemudian, Yasin turun dari kendaraannya.

Namun, ketika kakinya belum sempurna mendarat ke tanah dan pintu kendaraan belum tertutup rapat, truk melaju hingga menabrak tumpukan peti kemas. Akibatnya, warga Sidoarjo itu pun terjepit di antara kabin truk dan tumpukan peti kemas.

Kabid Operasional PMK Surabaya Bambang Vistadi mengatakan, tidak ada satu pun pekerja yang mengetahui saat peristiwa itu terjadi. Insiden tersebut kali pertama diketahui petugas keamanan setempat saat petugas melakukan patroli.

Melihat adanya truk yang terparkir di area pergudangan, petugas mengeceknya. Sebab, parkir kendaraan tidak diperbolehkan di lokasi tersebut kecuali jika adanya aktivitas bongkar muat.

Mereka kaget saat mengetahui Yasin tewas karena terjepit kabin truk dan peti kemas. ”Melalui call center 112, mereka melaporkan peristiwa kerja itu ke kami,” kata Bambang.

Bergegas, pihaknya bertolak ke lokasi yang dimaksud. Satu unit rescue Tim Orong-Orong dan Tim Walang Kadung diterjunkan. Mereka tiba di lokasi pukul 12.10.

Proses evakuasi langsung dilakukan. Jarak yang sempit serta beratnya beban truk trailer membuat proses evakuasi memakan waktu hingga satu jam. Menggunakan forklift, secara perlahan kabin truk berhasil digeser. Upaya kerja keras mereka berbuah hasil. Pukul 13.13, korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke RSUD dr Soetomo.

Kapolsek Asemrowo Kompol Nur Suhud mengatakan, Yasin Ismawan lupa meng-hand rem kendaraannya. Akibatnya, kendaraan berat itu berjalan. Diketahui korban merupakan sopir truk trailer yang cukup sering berlalu-lalang di area pergudangan. ”Hasil pemeriksaan sementara, Yasin tewas disebabkan kelalaian kerja yang dilakukan oleh korban sendiri. Tidak ada unsur kesengajaan dari orang lain,” paparnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ian/c25/tia


Close Ads