alexametrics

Alun-Alun Gresik Makin Cantik dengan Beragam Tanaman Berbentuk

12 Oktober 2021, 16:56:08 WIB

JawaPos.com- Sejak dibuka pada 2019, wajah Alun-Alun Kota Gresik semakin menawan. Berkonsep Timur Tengah, selain dipenuhi banyak pohon kurma, belakangan juga muncul tanaman hias dengan beragam bentuk. Beberapa di antaranya bentuk hati hingga laba-laba berukuran besar.

Menurut data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Gresik, di alun-alun tersebut setidaknya terdapat 315 pohon dengan berbagai jenis. Mulai kurma, tabebuya, hingga tanaman-tanaman kecil.

Kepala Bidang Pertamanan DLH Oemkab Gresik Maya Iswati menyatakan, untuk penambahan tanaman itu, pihaknya melakukan budi daya sendiri. Yakni, berlokasi di area tempat pembuangan akhir (TPA) Ngipik. Pohon yang sudah dibudidayakan itu kemudian ditanam di area-area ruang terbuka hijau (RTH). Termasuk di alun-alun.

Maya menyebutkan, berkaca pada Surabaya, konsep RTH Gresik ke depan tidak hanya menjadi fungsi penghijauan. Namun, juga mengusung konsep keindahan. Karena itu, kini di sejumlah RTH di Gresik muncul tanaman dengan berbagai bentuk.

Alun-alun sendiri memiliki luas 8.123 meter persegi. Area itu dipenuhi 21 jenis pohon. Totalnya sekitar 146.260 batang. ’’Ini memang menjadi fokus kami ke depan agar tidak hanya hijau, tapi juga cantik dan enak dilihat. Bahkan bisa dijadikan swafoto,’’ katanya.

Karena itu, pihaknya berharap para pengunjung alun-alun menjaga keindahan bersama. Jangan sampai taman yang sudah bagus malah dirusak.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini: