alexametrics

Proyek Pemasangan Pipa Umbulan Mandek

12 September 2019, 18:47:12 WIB

JawaPos.com – Pengerjaan proyek nasional pemasangan pipa Umbulan berhenti sementara. Sebab, pihak proyek masih menunggu perizinan agar bisa masuk ke wilayah CitraLand. Pemasangan pipa tersebut terhenti di perempatan Jalan Citra Raya Unesa arah Lontar. Sebelumnya, pengerjaan di kawasan Unesa dimulai dari pintu masuk akses menuju CitraLand. Sampai titik sekarang, pipa yang terpasang sekitar 1,6 kilometer.

City Manager PT Ciputra Surabaya Padang Golf Nada Putri menyatakan, pihaknya belum memberikan izin mengenai lanjutan pemasangan pipa. Dia masih meminta kajian rekayasa lalu lintas. Sebab, kerap terjadi kemacetan saat pengerjaan di Jalan Citra Raya Unesa.

Mereka juga meminta kejelasan teknis pengerjaan karena terdapat banyak utilitas di bagian Jalan CitraLand. Misalnya, kabel listrik. ’’Kami butuh komitmen dari pihak proyek. Dalam hal ini mengenai pasca pengerjaan seperti apa,’’ katanya kemarin. ’’Kami takut ada dampak negatif ketika proyek itu masuk ke CitraLand. Warga juga menginginkan musyawarah dengan pihak kontraktor,’’ sambungnya.

Nada menambahkan, ada beberapa usul dari penghuni tentang jalur alternatif apabila proyek masuk CitraLand. Di antaranya, arus lalu lintas dari perempatan SPBU belok ke kanan arah Lontar. Kemudian diarahkan ke radial road yang nanti terhubung ke kawasan Konjen Amerika Serikat. ’’Kalau lewat sana, dampak kemacetannya sepertinya minim,’’ ucapnya.

Seorang warga CitraLand, Soterisno Gunawan, mengatakan, jika dipaksa melalui Gerbang Dinamika, dirinya khawatir justru memicu kemacetan. Soterisno menjelaskan, kemacetan yang terjadi belakangan seiring proyek penanaman pipa Umbulan itu berimbas pada bisnis di sekitarnya. ’’Ada penurunan omzet sekitar 30 persen,’’ ujar lelaki yang memiliki bisnis percetakan Yossi Indra itu.

Kasubbag Penataan Wilayah dan Pertanahan Biro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Pemprov Jatim Syamsiar Aulia Rahman menyatakan, penetapan lokasi (penlok) pengerjaan pipa Umbulan tersebut keluar sejak awal 2019. Namun, rute pastinya ada di Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Provinsi Jatim. ’’Sudah keluar penlok dari Umbulan hingga Gresik,’’ ucapnya kemarin.

Project manager pemasangan pipa Umbulan wilayah Waru-CitraLand dari PT Meta Adhya Tirta Umbulan Ari Mulyantono mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu izin CitraLand. Termasuk mengkaji beberapa alternatif. ’’Belum keluarnya izin menjadi kendala kami,’’ ucapnya.

Padahal, lanjut dia, pemasangan pipa ditargetkan selesai akhir tahun ini. Sementara itu, pengerjaannya menyisakan puluhan kilometer lagi. Pihaknya berharap beberapa pengembang yang dilewati pemasangan pipa Umbulan bisa membantu program proyek tersebut. Dengan demikian, pipa sepanjang 94 kilometer yang dipasang mulai Pasuruan hingga Gresik itu bisa segera difungsikan akhir tahun ini. ’’Memang dampaknya macet, tapi kan hanya beberapa waktu,’’ terangnya.

Ari menjelaskan, untuk CitraLand, pipa yang dipasang sepanjang 4,3 kilometer. Jika tidak ada kendala, pengerjaan tersebut direncanakan selesai dua bulan ke depan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : omy/c19/tia

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads